Implementasi Pendidikan Karakter Gemar Membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan III dan SD N Golo Kota Yogyakarta.

Sholekhah, Ardita Markhatus and Mustadi, Ali (2019) Implementasi Pendidikan Karakter Gemar Membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan III dan SD N Golo Kota Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (629kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan III dan SD N Golo Kota Yogyakarta dan (2) mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi implementasi pendidikan karakter gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan III dan SD N Golo Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui peningkatan ketekunan, member check, diskusi dengan teman sejawat, dan triangulasi sumber, teknik, dan teori. Analisis data yang digunakan terdiri atas data collection, data condensation, data display, dan conclusion. Hasil penelitian menunjukkan (1) perencanaan pendidikan karakter gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan III dan SD N Golo Kota Yogyakarta terintegrasi dalam kurikulum perpustakaan namun belum terintegrasi dalam kurikulum pembelajaran, (2) pelaksanaan pendidikan karakter gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan III merepresentasikan dua indikator gemar membaca dan pelaksanaan pendidikan karakter gemar membaca di SD N Golo Kota Yogyakarta merepresentasikan tiga indikator gemar membaca meskipun tidak terlaksana pembelajaran yang mengintegrasikan pendidikan karakter gemar membaca di kedua sekolah, (3) penilaian pendidikan karakter gemar membaca di SD Muhammadiyah Wirobrajan III dan SD N Golo Kota Yogyakarta menggunakan observasi dan portofolio untuk mengukur ketercapaian program sedangkan penilaian pendidikan karakter gemar membaca dalam pembelajaran tidak terlaksana secara spesifik serta (4) faktor input siswa, kurikulum, pustakawan dan guru, metode, sarana, dan lingkungan terdapat dalam implementasi pendidikan karakter gemar membaca di SD Muhamamdiyah Wirobrajan III dan SD N Golo Kota Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: implementasi, pendidikan karakter gemar membaca
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 12 Nov 2019 01:43
Last Modified: 12 Nov 2019 01:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66610

Actions (login required)

View Item View Item