Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Prestasi Akademik dan Interaksi Sosial Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder Di Sekolah Inklusif.

Wibowo, Eko Wahyu and Mumpuniarti, Mumpuniarti (2019) Pengaruh Metode Inkuiri Terhadap Prestasi Akademik dan Interaksi Sosial Anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder Di Sekolah Inklusif. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (522kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (461kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji adanya pengaruh pada prestasi akademik dan interaksi sosial anak Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) menggunakan metode inkuiri. Pengaruh tersebut ditunjukkan oleh hasil yang dicapai pada masing-masing siswa setelah diberikan perlakuan. Pendekatan inkuiri ini diaplikasikan pada pembelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di kelas 4 tingkat Sekolah Dasar Inklusif dengan mengacu pada kurikulum KTSP. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode quasi ekperiment. Desain eksperimen yang digunakan yaitu experimental designs, dengan bentuk desain berupa one group pretest and posttest. Teknik penentuan subjek yaitu dengan menggunakan teknik populasi sampel seluruh siswa kelas 4 Sekolah Dasar Tumbuh. Adapun jumlah keseluruhan siswa di kelas adalah sebanyak 20 siswa, namun di dalam kelas tersebut terdapat 3 siswa dengan hambatan ADHD. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan metode tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yaitu dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode inkuiri dapat berpengaruh terhadap prestasi akademik dan interaksi sosial anak ADHD di sekolah dasar inklusif. Hal ini ditunjukkan dengan adanya perubahan skor pada kemampuan akademik sebesar 90% dan kemampuan interaksi sosial sebesar 80,53%. Selama perlakuan dengan menggunakan metode inkuiri anak ADHD mampu memahami materi pembelajaran yang disampaikan saat di kelas, anak ADHD juga memperlihatkan sikap antusias tinggi, aktif, dan serius dalam mengikuti pembelajaran di Sekolah Dasar inklusif.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri, Prestasi Akademik, Interaksi Sosial, ADHD
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 24 Oct 2019 07:42
Last Modified: 24 Oct 2019 07:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66353

Actions (login required)

View Item View Item