Pengembangan Permainan Susun Kata Berbasis Android Untuk Meningkatkan Penguasaan Pola Kalimat Tunggal bagi Anak Tunarungu Kelas VI di SLB PGRI Sentolo Yogyakarta

Nugroho, Harizki AGung and Suparno, Suparno (2019) Pengembangan Permainan Susun Kata Berbasis Android Untuk Meningkatkan Penguasaan Pola Kalimat Tunggal bagi Anak Tunarungu Kelas VI di SLB PGRI Sentolo Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IIII.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (838kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan permainan susun kata berbasis android, dan (2) mengungkapkan keefektifan permainan yang dikembangkan tersebut dalam meningkatkan penguasaan pola kalimat anak tunarungu kelas VI di SLB PGRI Sentolo, Yogyakarta. Penelitian ini dan pengembangan model Borg and Gall yang mencakup sepuluh langkah yaitu: penelitian dan pengumpulan data, perencanaan dan studi pendahuluan, pengembangan draft produk dan perencanaan pengembangan, pengembangan draft produk awal, validasi ahli, uji kelayakan produk, uji coba skala kecil, revisi, uji coba lapangan utama, uji kelompok operasional, produk akhir, dan uji efektivitas. Subjek penelitian ini terdiri dari 17 siswa tunarungu kelas VI di Kabupaten Kulon Progo. Produk ini kelayakannya diuji oleh tiga orang ahli. Uji efektivitas produk dilakukan dengan membandingkan skor pada pretest dan posttest yang telah dilakukan oleh subjek setelah menggunakan media permainan susun kata berbasis Android. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes pemahaman pola kalimat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan yang dikembangkan sangat efektif digunakan oleh guru di kelas VI bagi siswa tunarungu untuk meningkatkan penguasaan pola kalimat bahasa Indonesia. Hal tersebut terbukti dengan hasil uji keefektifan yang menunjukkan adanya peningkatan 10% hingga 60% dari jumlah total 17 subjek. Permainan tersebut dinyatakan layak ditinjau dari aspek materi dengan skor rerata 3,25 dan dari aspek media dengan skor 3, yang keduanya masuk kategori baik. Kata kunci: Android, media pembelajaran, permainan susun kata.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pasca Sarjana
Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 14 Oct 2019 03:17
Last Modified: 14 Oct 2019 03:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/66123

Actions (login required)

View Item View Item