Implementasi Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Dasar Khalifah Yogyakarta.

Pratama, Anggili and Wangid, Muhammad Nur (2019) Implementasi Pendidikan Kewirausahaan di Sekolah Dasar Khalifah Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover .pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (640kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (493kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) perencanaan pendidikan kewirausahaan; (2) nilai-nilai pendidikan kewiraushaan yang ditanamkan; (3) pelaksanaan pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di sekolah dasar khalifa yogyakarta. Subyek utama pada penelitian ini adalah sebanyak dua belas orang yaitu kepala sekolah, guru, orangtua siswa dan siswa sekolah dasar Khalifah Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan studi dokumen. Keabsahan data melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Data yang diperoleh dianalisis melalui reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan studi dokumen diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: (1) Perencanaan program pendidikan kewirausahaan di rencanakan pada rapat tahunan yang diadakan setiap awal tahun ajaran baru dan di hadiri yayasan, komite, kepala sekolah, guru dan oragtua siswa. (2) nilai-nilai kewirausahaan yang ditanamkan difokuskan pada nlai-nilai pendidikan kewirausahaan dasar yang diantaranya (kemandirian, kepemimpinan, kreatif, berorientasi pada tindakan dan berani mengambil resiko). Kelima nilai- nilai tersebut nantinya akan diintegrasikan kedalam seluruh kegiatan yang ada di sekolah dasar Khalifah Yogyakarta. (3) Pelaksanaan pendidikan kewiraushaan di integrasikan melalui (a) pembelajaran pada setiap mata pelajaran, (b) kegiatan ektrakulikuler, (c) kegiatan penembangan diri, (d) kultur sekolah, (e) muatan lokal. Pada kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menyisipkan nilai-nilai kewirausahaan pada setiap pembelajaran yang ada. Kegiatan ekstrakulikuler diantaranya karate, pramuka, robotik dan renang. Pada kegiatan pengembangan diri diantarnya: Niaga Santri (market day), pengusaha berbagi inspirasi, culinary corner (memasak bersama), berkebun/bercocok tanam. Budaya sekolah meliputi kegiatan pembiaasaan rutin yaitu: 6S (senyum, salam, sapa, sopan, santun, sodaqoh) dan sholat dhuha. Pada muatan lokal dilakukan melalui mata pelajaran khusus kewirausahaan yaitu entrepreneur zone pada setiap minggunya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan kewirausahaan, sekolah dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Sep 2019 01:30
Last Modified: 23 Sep 2019 01:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65959

Actions (login required)

View Item View Item