Pengembangan Media Hand Puppet Book Berbasis Multikultural untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Karakter Toleransi Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Depok

Susanti, Atika (2019) Pengembangan Media Hand Puppet Book Berbasis Multikultural untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Karakter Toleransi Siswa Kelas IV SD di Kecamatan Depok. S2 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media hand puppet book berbasis multikultural yang layak untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan karakter toleransi siswa kelas IV SD di Kecamatan Depok, dan (2) mengetahui keefektifan media hand puppet book berbasis multikultural untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan karakter toleransi siswa kelas IV SD di Kecamatan Depok. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah, yaitu: 1) studi pendahuluan, 2) perencanaan, 3) pengembangan draf produk, 4) uji coba awal, 5) revisi hasil uji coba awal, 6) uji coba lapangan, 7) revisi produk, 8) uji coba operasional, 9) penyempurnaan produk akhir, dan 10) diseminasi dan implementasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD di Kecamatan Depok. Pengumpulan data pada studi awal dilakukan melalui observasi, wawancara, dan angket. Validasi produk dilakukan oleh ahli materi dan ahli media, serta respon guru dan siswa. Analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas, independent sample t-test, normalitas multivariat, homogenitas varian kovarian, dan MANOVA dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah media hand puppet book berbasis multikultural yang memuat materi multikultural, pemecahan masalah, dan nilai toleransi. Media tersebut layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, serta uji coba di sekolah dengan kategori “sangat layak”. Uji independent sample t-test pada keterampilan pemecahan masalah menghasilkan nilai signifikansi 0,000 (kelas kontrol-eksperimen I) dan 0,000 (kelas kontrol-eksperimen II). Nilai signifikansi yang diperoleh < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh signifikan media tersebut terhadap keterampilan pemecahan masalah. Independent sample t- test pada karakter toleransi menghasilkan nilai signifikansi 0,041 (kelas kontrol- eksperimen I) dan 0,030 (kelas kontrol-eksperimen II), yang berarti bahwa terdapat pengaruh media tersebut terhadap karakter toleransi. Sementara itu, hasil uji MANOVA menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yaitu < 0,05 yang artinya terdapat pengaruh signifikan media tersebut terhadap keterampilan pemecahan masalah dan karakter toleransi siswa kelas IV SD di Kecamatan Depok. Kata Kunci: hand puppet book, karakter toleransi, keterampilan pemecahan masalah, multikultur

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Sep 2019 08:29
Last Modified: 08 Oct 2019 04:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65668

Actions (login required)

View Item View Item