Pengaruh Problem Based Learning (Pbl) Dan Role playing Terhadap Kerjasama Serta Pemahaman Konsep Siswa SD kecamatan KaloranKabupaten Temanggung

Suryanata, Wirawan and Wuryandani, Wuri (2019) Pengaruh Problem Based Learning (Pbl) Dan Role playing Terhadap Kerjasama Serta Pemahaman Konsep Siswa SD kecamatan KaloranKabupaten Temanggung. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (712kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) pengaruh problem based learning terhadap kerjasama, (2) pengaruh problem based learning terhadap pemahaman konsep, (3) pengaruh problem based learning terhadap kerjasama dan pemahaman konsep, (4) pengaruh role paying terhadap kerjasama, (5) pengaruh role playing terhadap pemahaman konsep, (6) pengaruh role playing terhadap kerjasama dan pemahaman konsep, (7) perbedaan pengaruh problem based learning dan role playing terhadap terhadap kerjasama dan pemahaman konsep. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD Negeri I Kaloran tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari lima sekolah yaitu SDN 1 Gandon, SDN 2 Tepusen, SDN 3 Gandon, SDN 1 Gandulan, dan SDN Tempuran. Sampel penelitian ini adalah kelas IV SDN 2 Tepusen, SDN 1 Gandulan sebagai kelas eksperimen PBL SDN 1 Gandon, SDN 3 Gandon kelas Eksperimen role playing dan SDN Tempuran sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dipilih sesuai kesamaan kemampuan sekolah.Pengumpulan data menggunakan angket dan tes yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan independen sample t-test dan anova serta manova dua jalur dengan taraf signifikansi 5% yang pengujiannya menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan menggunakan PBL menunjukan kerjasama siswa lebih tinggi dibanding pembelajaran konvensional, (2) pembelajaran dengan menggunakan PBL menunjukan pemahaman siswa lebih tinggi dibanding pembelajaran konvensional, (3) kerjasama dan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan menggunakan PBL lebih tinggi dibanding pembelajaran konvensional, (4) pembelajaran dengan menggunakan role playing menunjukan kerjasama siswa lebih tinggi dibanding pembelajaran konvensional, (5) pemahaman konsep siswa yang belajra menggunakan role playing menunjukan lebih tinggi dibanding pembelajaran konvensional, (6) kerjasama dan pemahaman konsep siswa yang belajar dengan menggunakan role playing lebih tinggi dibanding pembelajaran konvensional, (7) adanya perbedaan pengaruh dari PBL dan role playing terhadap kerjasama dan pemahaman konsep siswa dengan nilai yang diperoleh PBL lebih signifikan dari nilai role playing. Kata Kunci: problem based learning (PBL), role playing, kerjasma, pemahaman konsep.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pasca Sarjana
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Sep 2019 07:35
Last Modified: 09 Oct 2019 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65665

Actions (login required)

View Item View Item