Pratiwi, Fatma and Mukminan, Mukminan (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Boardgame Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Dan Sikap Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
COVER.pdf Download (773kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (238kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (608kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (599kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (551kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan boardgame Pelajar Go! dari studi pendahuluan dan pengembangan media, 2) keefektifan media pembelajaran boardgame Pelajar Go! untuk meningkatkan keterampilan berbicara dan sikap peduli lingkungan siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini mengacu pada pendapat Borg & Gall (1983:775) yang terdiri dari 10 langkah yang dikelompokkan menjadi 3 tahapan, yaitu: (1) tahap studi pendahuluan, (2) tahap pengembangan produk, terdiri atas perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba terbatas, revisi hasil uji coba terbatas, uji coba lapangan, dan penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan, uji coba produk operasional, dan penyempurnaan produk akhir, (3) tahap diseminasi dan penyebaran produk. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 4 siswa kelas IV SD Negeri Ngentakrejo, subjek uji coba lapangan terdiri dari 8 siswa kelas IV SD Negeri Ngentakrejo yang belum terlibat dalam uji coba terbatas, dan subjek uji coba produk operasional terdiri dari 25 siswa kelas IV SD Negeri 2 Wijirejo, dan 20 siswa siswa kelas IV SD Negeri 2 Sanden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) studi pendahuluan yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi pembelajaran, dan studi pustaka mendorong pengembangan boardgame Pelajar Go. Pengembangan boardgame Pelajar Go! dirancang bersama praktisi pembelajaran dengan memperhatiakan latar belakang cerita, penentuan keberhasilan permainan, komponen permainan, pewarnaan, gaya ilustrasi, dan gaya tulisan. Validasi memperoleh hasil bahwa boardgame Pelajar Go! dinilai sangat layak untuk digunakan. Persentase kelayakan dari ahli media sebesar 85,1%, ahli materi sebesar 94,4%, praktisi pembelajaran sebesar 93,1%, dan siswa sebesar 87%. 2) Berdasarkan uji-t independen didapat nilai probability for inference (p) pada gain score untuk keterampilan berbicara sebesar 0,000 dan sikap peduli lingkungan sebesar 0,000. Hasil tersebut menunjukkan ada perbedaan yang signifikan keterampilan berbicara dan sikap peduli lingkungan siswa kelas kontrol dan eksperimen setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media boardgame Pelajar Go!. Dengan demikian media ini efektif berpengaruh terhadap keterampilan berbicara dan sikap peduli lingkungan siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Sikap Peduli Lingkungan, Boardgame Pelajar Go!
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pasca Sarjana |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 04 Sep 2019 06:56 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 08:03 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65648 |
Actions (login required)
View Item |