PENGEMBANGAN WEB PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM KAITANNYA DENGAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS XI

Nurul Khassanah, Kurnia Putri (2013) PENGEMBANGAN WEB PEMBELAJARAN GEOGRAFI PADA MATERI PELESTARIAN LINGKUNGAN HIDUP DALAM KAITANNYA DENGAN PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS XI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Other
Cover.PDF

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Other
lampiran new.PDF

Download (17MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan produk web pembelajaran geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan untuk siswa SMA kelas XI; (2) mengetahui kelayakan web pembelajaran geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan untuk siswa SMA kelas XI berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru mata pelajaran geografi dan uji coba terhadap siswa; (3) mengetahui efektivitas web pembelajaran geografi pada materi pelestarian lingkungan hidup dalam kaitannya dengan pembangunan berkelanjutan untuk siswaSMA. Penelitian ini merupakan penelitian R & D (Research and Development) yang berorientasi pada produk. Prosedur pengembangan dilakukan dari tahap pendahuluan, tahap perencanaan, tahap penyusunan, tahap pengembangan draft produk dan tahap penilaian. Validasi terhadap media dilakukan dengan dua tahap, yaitu validasi ahli materi dan ahli media, kemudian dilakukan penilaian media oleh guru geografi dan diuji cobakan pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cangkringan. Instrumen pengumpulan data berupa angket dan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) hasil pengembangan web pembelajaran geografi layak digunakan sebagai media pembelajaran. Terbukti ahli materi menilai sangat baik dengan rata-rata skor 4,33. Ahli media menilai sangat baik dengan rata-rata skor 4,29. Guru mata pelajaran geografi menilai sangat baik dengan rata-rata skor 4,25. Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Cangkringan menilai sangat baik dengan rata-rata skor 60,32. (2) media web pembelajaran geografi efektif digunakan untuk siswa SMA kelas XI IPS terbukti dari hasil posttest ≥ 75% siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) 73,00 sesuai ketentuan SMA Negeri 1 Cangkringan. Persentase ketuntasan siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 saat pretest sebesar 3,84%, sedangkan persentase ketuntasan siswa kelas XI IPS 1 saat posttest sebesar 84,62% dan siswa kelas XI IPS 2 sebesar 81, 48%. Kata kunci: Pengembangan, Web Pembelajaran Geografi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Geografi
Depositing User: Admin Pendidikan Geografi FIS
Date Deposited: 03 Jul 2015 06:35
Last Modified: 30 Jan 2019 00:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/22574

Actions (login required)

View Item View Item