MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SISWA KELAS V SD NEGERI KEMBANGSONGO TAHUN AJARAN 2011/2012

Roisa Isna, Khikmawati (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENGGUNAAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN SISWA KELAS V SD NEGERI KEMBANGSONGO TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
Bab 1 - 08108241076.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 -08108241076.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 -08108241076.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover -08108241076.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka -08108241076.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran -08108241076.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penggunaan multimedia pembelajaran siswa kelas V SD Negeri Kembangsongo tahun ajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan pada tanggal 22 Maret sampai 03 April 2012. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD N Kembangsongo tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan teknik kolaborasi. Setiap siklus dilakukan sebanyak 2 kali pertemuan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan teknik tes, dan sebagai alat pengumpul data adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data berupa deskriptif statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Peningkatan pada aspek kognitif dibuktikan dengan hasil tes siswa pada pra tindakan yang meningkat sebanyak 14% pada siklus I, dimana multimedia diberikan pada akhir kegiatan pembelajaran setelah siswa melakukan percobaan. Pada siklus II pemberian tindakan multimedia pembelajaran diberikan pada awal kegiatan pembelajaran sebelum siswa melakukan percobaan, sehingga hasil tes meningkat sebanyak 20%. Pada aspek afektif, peningkatan dibuktikan dengan jumlah skor siklus I ke siklus II yang meningkat sebanyak 15%, dimana skor tersebut berada pada kategori sangat baik. Sedangkan pada aspek psikomotor jumlah skor meningkat dari siklus I ke siklus II juga sebanyak 15%, dimana skor tersebut berada pada kategori sangat baik. Kata kunci : IPA, hasil belajar, multimedia pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: IPA, hasil belajar, multimedia pembelajaran
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 03:48
Last Modified: 29 Jan 2019 18:22
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9914

Actions (login required)

View Item View Item