Darsono, Darsono (2012) PENGARUH PENERAPAN METODE PERCOBAAN IPA TERPADU TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII DI SMP N 1 KALASAN DENGAN TEMA“MAKANAN”. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
COVER - 08312241001.pdf Download (348kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I-08312241001.pdf Download (116kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II-08312241001.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V-08312241001.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka-08312241001.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
Foto.pdf Download (813kB) | Preview |
|
|
Text
ANGKET RESPON SISWA.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text
Kisi-Kisi.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text
KETERAMPILAN Eksperimen.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text
KETERAMPILAN Kontrol.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text
Kisi-Kisi.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
KUNCI JAWABAN.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Jawaban Post.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
soal Posttest.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
KUNCI JAWABAN.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
soal Pretest.pdf Download (149kB) | Preview |
|
|
Text
KUNCI JAWABAN SOAL Validasi.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Jawaban Validasi Soal.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
soal VALIDASI.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
KISI-KISI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
REKAP KPS SISWA.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text
REKAPITULASI RESPON.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
SISWA KELAS VIIIE.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
SISWA KELAS VIIIE KPS.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
SISWA KELAS VIIIF.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
SISWA KELAS VIIIF KPS.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
COVER LKS VIK.pdf Download (736kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Kerja 1 Pewarna.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Kerja 2 Pengawet.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Kerja 3 zat Pada Makanan.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Kerja 4 Protein.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ANALISIS KOMPETENSI.pdf Download (83kB) | Preview |
|
|
Text
PETA KONSEP MATERI.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text
RPP ZAT aditiF EKSPERIMEN.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
RPP ZAT aditiF KONTROL.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
SILABUS Kelas Ekperimen.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
SILABUS Kelas Kontrol.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text
ANAKOVA & Regresi.pdf Download (156kB) | Preview |
|
|
Text
Normalitas & Homogenitas.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text
PERHITUNGAN RESPON.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text
Uji Validitas Soal.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
VALIDASI SOAL.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
TULISAN LAMPIRAN.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
IJIN PENELITIAN.pdf Download (798kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN & PERNYATAAN.pdf Download (243kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode percobaan dalam pembelajaran IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa, mengetahui sumbanganvariabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan metode percobaan IPA terpadu di SMP N 1 Kalasan.PembelajaranIPA terpadu yang digunakanialah tipeconnecteddan difokuskan pada tema “Makanan”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimentaldengan desain “Pretest-Posttest Control Group Design“. Populasi penelitian iniberjumlah 214 siswa dari semua kelas VIII SMP N 1 Kalasan tahunpelajaran 2011/2012 sedangkan sampelnyaberjumlah 72 siswa yangterdiri dari dua kelas yakni kelas VIII E sebagai kelas eksperimen menggunakan metode percobaan IPA terpadu dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialahcluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses sains, soalpretestdanposttestuntuk mengetahuihasil belajar kognitif siswa, dan angket respon siswa terhadap metode percobaan IPA terpadu. Analisis yang digunakanuntuk menguji hipotesis penelitian digunakan aplikasi SPSS versi 16.0yaknianalisis kovarian (Anakova) yang meliputi analisis varians (Anava) dananalisis regresi (Anareg). Hasil penelitian disimpulkanbahwa (1) ada pengaruh positif penerapan metode percobaan IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP N1 Kalasan dengan tema “makanan”,(2) ada sumbangan variabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dengan tema “makanan” di SMP N 1 Kalasan dan sumbangan yang diberikan sebesar 26,7 % dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan metode percobaan IPA terpadu dengan tema “Makanan” sebesar 82,22 % dan tergolong dalam kriteriasangat kuat. Kata kunci: metode percobaan IPA terpadu, keterampilan proses sains, hasil belajar, respon siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode percobaan dalam pembelajaran IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa, mengetahui sumbanganvariabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan metode percobaan IPA terpadu di SMP N 1 Kalasan.PembelajaranIPA terpadu yang digunakanialah tipeconnecteddan difokuskan pada tema “Makanan”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimentaldengan desain “Pretest-Posttest Control Group Design“. Populasi penelitian iniberjumlah 214 siswa dari semua kelas VIII SMP N 1 Kalasan tahunpelajaran 2011/2012 sedangkan sampelnyaberjumlah 72 siswa yangterdiri dari dua kelas yakni kelas VIII E sebagai kelas eksperimen menggunakan metode percobaan IPA terpadu dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialahcluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses sains, soalpretestdanposttestuntuk mengetahuihasil belajar kognitif siswa, dan angket respon siswa terhadap metode percobaan IPA terpadu. Analisis yang digunakanuntuk menguji hipotesis penelitian digunakan aplikasi SPSS versi 16.0yaknianalisis kovarian (Anakova) yang meliputi analisis varians (Anava) dananalisis regresi (Anareg). Hasil penelitian disimpulkanbahwa (1) ada pengaruh positif penerapan metode percobaan IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP N1 Kalasan dengan tema “makanan”,(2) ada sumbangan variabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dengan tema “makanan” di SMP N 1 Kalasan dan sumbangan yang diberikan sebesar 26,7 % dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan metode percobaan IPA terpadu dengan tema “Makanan” sebesar 82,22 % dan tergolong dalam kriteriasangat kuat. Kata kunci: metode percobaan IPA terpadu, keterampilan proses sains, hasil belajar, respon siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode percobaan dalam pembelajaran IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa, mengetahui sumbanganvariabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dan mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan metode percobaan IPA terpadu di SMP N 1 Kalasan.PembelajaranIPA terpadu yang digunakanialah tipeconnecteddan difokuskan pada tema “Makanan”. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimentaldengan desain “Pretest-Posttest Control Group Design“. Populasi penelitian iniberjumlah 214 siswa dari semua kelas VIII SMP N 1 Kalasan tahunpelajaran 2011/2012 sedangkan sampelnyaberjumlah 72 siswa yangterdiri dari dua kelas yakni kelas VIII E sebagai kelas eksperimen menggunakan metode percobaan IPA terpadu dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini ialahcluster random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan proses sains, soalpretestdanposttestuntuk mengetahuihasil belajar kognitif siswa, dan angket respon siswa terhadap metode percobaan IPA terpadu. Analisis yang digunakanuntuk menguji hipotesis penelitian digunakan aplikasi SPSS versi 16.0yaknianalisis kovarian (Anakova) yang meliputi analisis varians (Anava) dananalisis regresi (Anareg). Hasil penelitian disimpulkanbahwa (1) ada pengaruh positif penerapan metode percobaan IPA terpadu terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA siswa kelas VIII di SMP N1 Kalasan dengan tema “makanan”,(2) ada sumbangan variabel responyaitu hasil belajar kognitif awal siswa terhadap hasil belajar kognitif akhir siswa pada pembelajaran IPA dengan tema “makanan” di SMP N 1 Kalasan dan sumbangan yang diberikan sebesar 26,7 % dan (3) respon siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menggunakan metode percobaan IPA terpadu dengan tema “Makanan” sebesar 82,22 % dan tergolong dalam kriteriasangat kuat. Kata kunci: metode percobaan IPA terpadu, keterampilan proses sains, hasil belajar, respon siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode percobaan IPA terpadu, keterampilan proses sains, hasil belajar, respon siswa |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 18 Dec 2012 01:52 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:57 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9166 |
Actions (login required)
View Item |