Suardi, Izzul Kiram and Nursa'ban, Muhammad (2025) Evaluasi Penerapan Elemen Akhlak Kepada Manusia dalam Program Pendidikan Karakter di SD Kota Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
tesis_izzul kiram suardi_23070240011.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengevaluasi aspek antecedents penerapan elemen akhlak kepada manusia dalam program pendidikan karakter di SD Kota Yogyakarta; (2) mengevaluasi aspek transactions penerapan elemen akhlak kepada manusia dalam program pendidikan karakter di SD Kota Yogyakarta; (3) mengevaluasi aspek outcomes penerapan elemen akhlak kepada manusia dalam program pendidikan karakter di SD Kota Yogyakarta; dan (4) menganalisis kendala dalam implementasi program pendidikan karakter yang berfokus penerapan elemen akhlak kepada manusia dalam program pendidikan karakter di SD Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program yang menggunakan model evaluasi countenance stake dengan pendekatan mixed method concurent embedded. Evaluasi dilaksanakan di SDN Bener, SDN Petinggen, SDN Terbansari 1, SDN Kyai Mojo, SDN Widoro, SDN Rejowinangun 3, SDN Mendungan 2, dan SDN Pujokusuman 1 yang seluruhnya berada di wilayah Kota Yogyakarta. Responden dalam penelitian ini melibatkan empat kepala sekolah, 81 guru, dan 21 pegawai. Lalu, informan dalam penelitian ini melibatkan lima kepala sekolah, lima koordinator program, dan enam guru pelaksana. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, studi dokumen, dan wawancara dengan pengharkatan skala Likert. Uji validitas isi menggunakan formula Aiken’s V, uji validitas konstruk menggunakan CFA dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach α dengan hasil sebesar 0,862. Teknik analisis data deskriptif digunakan untuk data kuantitatif, sedangkan analisis tematik digunakan untuk data kualitatif. Penelitian ini menghasilkan (1) aspek antecedents menunjukkan variasi hasil yang cenderung positif dilihat dari indikator pembentukan tim, kesiapan budaya, kesesuaian dimensi, tema, dan program. Namun aspek perancangan jadwal program yang berada pada kategori cukup baik dan asesmen yang berada dalam kategori Tidak Baik memerlukan perhatian khusus; (2) aspek transactions mencapai standar yang memuaskan. Kualitas pelaksanaan menunjukkan konsistensi yang baik antara perencanaan modul dan implementasi di lapangan. Program pendukung berhasil dijalankan secara efektif & terintegrasi dengan pelaksanaan asesmen. Sayangnya, beberapa sekolah tidak merancang kegiatan penutup secara tertulis dan melaksanakannya berdasarkan situasi kondisional; (3) aspek outcomes berada dalam kategori baik berdasarkan analisis dokumen dan wawancara. Siswa/i menunjukkan kemampuan signifikan dalam memahami dan menghargai keberagaman serta memberikan respons yang positif dan konstruktif terhadap perbedaan budaya, ras, dan agama; (4) kendala pada program disebabkan oleh lingkungan, orang tua, guru, siswa, dan mekanisme program. Rekomendasi yang diberikan antara lain: pelatihan internal bagi guru, penambahan tenaga pendidik, dan penguatan kolaborasi bersama orang tua hingga perangkat desa.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Akhlak, evaluasi, pendidikan karakter, sekolah dasar |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Evaluasi Pendidikan |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 04 Nov 2025 08:24 |
| Last Modified: | 04 Nov 2025 08:24 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88388 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
