Ramadhan, Arwan Nur and Prasojo, Lantip Diat (2025) Model Internship Kolaborasi dalam Penyiapan Kapabilitas Sarjana Pendidikan Administrasi Perkantoran. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_arwan nur ramadhan_21702261032.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengungkap kebutuhan kapabilitas lulusan sarjana Pendidikan Administrasi Perkantoran, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Negeri Yogyakarta (PADPFEB UNY) saat ini, (2) mengungkap implementasi kemitraan internship yang sudah berlangsung antara Program Studi PADP FEB UNY dengan SMK dan IDUKA yang menjadi lokasi magang kependidikan dan nonkependidikan saat ini, dan (3) mengembangkan model internship kolaborasi agar FEB UNY mampu mencetak lulusan sarjana Pendidikan Administrasi Perkantoran yang memiliki kapabilitas sesuai profil lulusan dan kebutuhan dunia kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK untuk magang kependidikan dan IDUKA untuk magang nonkependidikan. Data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan analisis dokumen. Informan terdiri dari pimpinan industri, guru pamong, mahasiswa, dan dosen pembimbing. Teknik purposive sampling digunakan untuk memilih informan berdasarkan relevansi dan pengalaman mereka dalam pelaksanaan internship. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi, member check, transferabilitas, dan dependability. Data dianalisis menggunakan metode induktif berbantuan software Nvivo, dengan langkah-langkah coding, penyusunan kategori, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kebutuhan kapabilitas lulusan sarjana Program Studi PADP FEB UNY mencakup keterampilan teknis, kompetensi pedagogik, soft skills, dan meta-skills; (2) kemitraan internship yang sudah berlangsung antara UNY, SMK, dan IDUKA memiliki potensi besar untuk dikembangkan lebih lanjut karena ketidakmerataan kualitas lokasi magang, kurangnya sinkronisasi antara kebutuhan dunia kerja dan implementasi magang, keterbatasan koordinasi multi-stakeholder, dan minimnya inovasi dalam sistem evaluasi; 3) model internship kolaboratif sinergi, multidimensional, adaptif, responsif, transformatif (SMART) yang dikembangakan untuk mencetak lulusan yang memiliki kapabilitas menggunakan tiga fase yaitu: pra-internship, yang berfokus pada penguatan hard skills dan soft skills; internship, yang melibatkan rotasi magang di SMK dan IDUKA untuk pengalaman praktis multidimensi; dan post-intership yang mencakup evaluasi berbasis capstone project, sertifikasi kompetensi, dan pendampingan karir. Formulasi kapabilitas yang dikembangkan dalam Collaborative SMART adalah C (cultural understanding orientation) + A (adaptability ) + S (soft skills) + T (technical skills) +I (initiative).
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | administrasi perkantoran, internship kolaboratif, kapabilitas lulusan |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Tinggi Pasca Sarjana |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 08 Jul 2025 04:29 |
| Last Modified: | 08 Jul 2025 04:29 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/87356 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
