Aprilia, Nani and Suranto, Suranto (2024) Model Evaluasi Internal Program Adiwiyata Pada Jenjang SMP di Persyarikatan Muhammadiyah. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
disertasi_nani aprilia_19701261016.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) menghasilkan desain model evaluasi internal program Adiwiyata pada jenjang SMP di persyarikatan Muhammadiyah. 2) menganalisis kualitas instrumen dalam model evaluasi internal program Adiwiyata pada jenjang SMP di persyarikatan Muhammadiyah,3) kepraktisan dan 4) kefektifan model evaluasi internal program Adiwiyata SMP di persyarikatan Muhammadiyah. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi menjadi 3 tahapan meliputi (1) studi pendahuluan, menyusun konstruk awal model EvInA- Mu melalui studi literatur dan observasi awal; (2) tahap perancangan dan pengembangan model melalui proses validasi dan tiga kali uji coba; (3) interpretasi hasil uji coba model, melalui revisi final dan kajian produk akhir. Subjek penelitian 643 reponden yang terdiri delapan pakar, lima kepala sekolah, lima wakil kepala sekolah, 225 guru, dan 400 siswa. Uji coba pendahuluan, uji coba utama dan uji coba operasional dilakukan di SMP Muhammadiyah di DIY yang telah mendapatkan penghargaan Adiwiyata. Pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Validitas isi menggunakan formula Aiken’s dan validitas konstruk menggunakan Second Order Confirmotory Factor Analysis (CFA) berbantuan Lisrel dan Smart PLS. Estimasi reliabilitas menggunakan Croncbach alpha. Kepraktisan diperoleh dari respon pengalaman pengguna menggunakan instrumen User Experience Questionnaire (UEQ). Keefektifan model evaluasi diperoleh kesesuaian tujuan model dan relevansi model. Data kepraktisan dan kefektifan di analisis dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian: 1) model EvInA-Mu memiliki lima komponen yaitu komponen desain, input, proses, produk dan output yang merupakan modifikasi dari model CIPP (Content, input, proses, produk) dan discrepancy model. Dimana komponen evaluasi content di modifikasi menjadi komponen evaluasi desain, serta menambahkan komponen evaluasi output. Modifikasi bertujuan untuk mengarahkan tujuan program agar lebih fokus dan mengukur dampak program model evaluasi internal program adiwiyata pada jenjang SMP di persyarikatan Muhammadiyah dalam jangka menengah yaitu memotret literasi lingkungan dan dampak pengimbasan bagi sekolah lain (sekolah imbas). Model EvIna-Mu terdiri atas: pedoman, panduan, dan instrumen model. 2) kualitas instrumen model EvIna-Mu dinilai layak secara teoritis dan empiris sebagai berikut: a) Validitas pedoman evaluasi, panduan evaluasi, instrumen model EvInA-Mu, termasuk kategori sangat valid berdasarkan indeks V Aiken. b) Model EvInA-Mu dinyatakan fits atau model terstandar. 3). Model EvInA-Mu dinilai praktis dan efektif dari pengguna model, yaitu kepala sekolah dan Majelis Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (MLHPWM).
| Item Type: | Thesis (S3) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Adiwiyata, evaluasi, internal, model, Muhammadiyah |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pendidikan > Evaluasi Pendidikan |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 02 May 2025 03:25 |
| Last Modified: | 02 May 2025 03:25 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86741 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
