Pengembangan Model Asesmen Mathematical Creative Problem-Solving bagi Siswa SMP.

Ulya, Himmatul and Sugiman, Sugiman (2024) Pengembangan Model Asesmen Mathematical Creative Problem-Solving bagi Siswa SMP. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_himmatul ulya_21701261045.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) menghasilkan model asesmen mathematical creative problem-solving (MCPS) bagi siswa sekolah menengah pertama (SMP), (2) mendeskripsikan kualitas model asesmen tersebut, dan (3) mendeskripsikan hasil pengukuran kemampuan MCPS siswa SMP. Penelitian pengembangan ini meliputi 10 tahapan, yaitu: (1) studi literatur dan studi lapangan, (2) perencanaan tujuan, (3) pengembangan produk awal, (4) validasi pakar dan uji coba keterbacaan, (5) revisi, (6) uji coba terbatas, (7) revisi, (8) uji skala luas, (9) revisi, dan (10) analisis dan interpretasi. Model asesmen terdiri dari rancangan model, instrumen, dan buku model. Uji coba instrumen dilakukan pada 657 siswa kelas VIII SMP di Kabupaten Kudus. Pengujian meliputi uji keterbacaan dengan 25 siswa, uji coba terbatas dengan 240 siswa, dan uji coba luas dengan 392 siswa. Validitas model dibuktikan melalui validitas isi yang melibatkan 7 ahli dan uji kecocokan model. Validitas instrumen dibuktikan melalui validitas isi dengan formula Aiken dan validitas konstruk dengan CFA. Reliabilitas diestimasi menggunakan reliabilitas konstruk. Analisis kualitas butir instrumen dilakukan dengan Item Response Theory (IRT) model Partial Credit Model (PCM). Validitas buku model asesmen dibuktikan dengan validitas isi. Profil siswa hasil pengukuran dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Model asesmen MCPS mencakup desain, instrumen penilaian, dan buku panduan, untuk mendokumentasikan kemampuan MCPS siswa dan memberikan umpan balik guna meningkatkan kualitas pembelajaran melalui langkah-langkah perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan interpretasi. (2) Kualitas model asesmen baik yang dibuktikan dengan valid dan fit dengan data. Kualitas instrumen valid, reliabel, dan baik (validitas isi mencapai nilai batas 0,75 dan validitas konstruk dengan koefisien SLF ≥ 0,3 dan t-value < -1,96 atau t-value > 1,96; reliabilitas konstruk melampaui batas minimal 0,7; parameter butir memiliki karakteristik unidimensi dengan penskoran PCM, tingkat kesukaran butir yang baik (sedang hingga tinggi), dan akurat untuk mengukur siswa dengan kemampuan -3,214 hingga 5,146 (dalam skala logit). Kualitas buku model baik (valid). (3) Kemampuan MCPS siswa dikategorikan menjadi sangat kreatif, kreatif, cukup kreatif, kreativitas dasar, dan perlu pengembangan kreativitas. Hasil klasifikasi menunjukkan bahwa sebagian besar siswa berada pada tingkat cukup kreatif, sementara hanya sedikit yang mencapai kategori sangat kreatif. Kemampuan siswa berdasar taksonomi SOLO dari yang terendah hingga tertinggi adalah unistruktural, multistruktural, dan relasional. Kemampuan siswa dalam near transfer lebih rendah dari far transfer.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: mathematical creative problem-solving, model asesmen, taksonomi SOLO
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 May 2025 03:19
Last Modified: 02 May 2025 03:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86739

Actions (login required)

View Item View Item