Analisis Kesinambungan Materi Aljabar Pada Tingkat SMP dan SMA Ditinjau dari Keluasan dan Kedalaman Materi.

Purwati, Heni and Retnowati, Trie Hartiti (2024) Analisis Kesinambungan Materi Aljabar Pada Tingkat SMP dan SMA Ditinjau dari Keluasan dan Kedalaman Materi. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_heni purwati_17701261007.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan kesinambungan materi aljabar pada tingkat SMP dengan materi aljabar pada tingkat SMA ditinjau dari keluasan dan kedalamannya, 2) Mendeskripsikan kesesuaian kesinambungan materi aljabar pada tingkat SMP dan SMA yang diterapkan di Indonesia dengan standar NCTM ditinjau dari keluasan dan kedalamannya, 3) Mendeskripsikan pendapat praktisi pendidikan matematika, guru matematika, pakar matematika dan pendidikan matematika terhadap kesinambungan materi aljabar di SMP dan SMA ditinjau dari keluasan dan kedalamannya Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode survey, analisis konten dan focus group discussion (FGD). Metode survey dilakukan untuk mendapatkan data awal mengenai persepsi guru dan peserta didik mengenai materi yang dipelajari di sekolah dan tanggapaan terhadap kedalaman dan keluasan materi pada buku paket yang disediakan pemerintah. Metode analisis konten dilakukan untuk menganalisis kesinambungan materi aljabar SMP dan SMA, melihat kedalaman dan keluasan materi aljabar pada buku paket dalam rangka pencapaian kompetensi yang sudah ditetapkan, kemudian membandingkan kesinambungan materi di Indonesia dengan standar NCTM. FGD digunakan untuk mendapatkan tanggapan praktisi, guru, dan pakar mengenai hasil analisis konten. Instrumen dalam penelitian ini adalah googleform untuk melakukan survey, pedoman penilaian buku dan indikator urutan materi aljabar, dan panduan diskusi Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis hasil survey, analisis konten, dan FGD Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kesinambungan materi aljabar pada jenjang SMP dan SMA jika dilihat dari kompetensi dasar sudah urut, untuk lebih dapat melihat keluasan dan kedalamannya harus dijabarkan berdasarkan level kognitif dan susunan materi yang membangun tercapainya kompetensi tersebut, 2) Urutan kompetensi di Indonesia masih belum sepenuhnya sesuai dengan NCTM. 3) menurut pendapat praktisi, guru perlu belajar unttuk memhami konten dari materi prasyarat dan materi tindak lanjut di kelas atau jenjang berikutnya supaya pemahaman siswa tidak terputus. Saran yang bisa diberikan 1) guru harus menyusun tujuan pembelajaran secara runtut dan detail untuk bisa mencapai kompetensi yang sudah ditetapkan, 2) penulis buku dan editor sebaiknya paham dan dapat meyusun materi sesuai kompetensi dasar yang telah ditapkan pemerintah, 3) pemerintah hendaknya lebih memperhatikan standar dalam menyusun kompetensi pembelajaran.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: kesinambungan, materi aljabar, jenjang SMP dan SMA
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:38
Last Modified: 29 Apr 2025 07:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86729

Actions (login required)

View Item View Item