Pengukuran Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMA.

Yulvinamaesari, Yulvinamaesari and Kumaidi, Kumaidi (2024) Pengukuran Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa SMA. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
disertasi_yulvinamaesari_17701261011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1). Menguji karaketeristik dari modifikasi instrumen pengukuran keterampilan berpikir kritis fisika siswa SMA. 2). Menganalisis pemetaan profil keterampilan berpikir kritis fisika siswa SMA Jenis penelian ini adalah penelitian dalam kategori penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini telah menggunakan instrumen yang telah diadaptasi dan dimodifikasi baik dari segi materi yang tuliskan di dalam butir soal, maupun tehnik penskoran. Sebagian besar materi dalam instrumen tes yang digunakan dimodifikasi dengan memasukkan unsur yang terkait dengan kurikulum merdeka, sehingga muncul pembeda dari instrumen awal dengan instrumen yang telah dimodifikasi dalam penelitian ini. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA yang telah menerima materi sesuai dengan materi pada penerapan kurikulum merdeka di sekolah. Sampel penelitian ini terdiri dari 310 peserta didik pada tahapan uji coba instrumen, dan 612 peserta didik pada tahap pengukuran. Instrumen yang digunakan mempunyai 30 butir soal pilihan ganda beralasan dengan lima option jawaban. Kualitas instrumen dilakukan dengan validasi oleh ahli pengukuran, ahli pendidikan fisika, dan ahli bidang fisika dan dianalisis menggunakan formula Aiken, dan hasil penilaian dari para ahli reliabel dan semua butir instrumen valid secara konten. Hasil analisis ujicobanya dianalisis secara IRT. Validitas isi instrumen diperoleh melalui expert judgement dan validitas konstruk instrumen diperoleh melalui CFA. Instrumen yang dimodifikasi memenuhi syarat validitas isi dan memiliki reliabilitas sebesar 0,80. Semua item soal Kemampuan Berpikir Kritis Fisika Kelas XI SMA memiliki loading faktor lebih dari 0,5. Pada penelitian ini terdapat lima kategori tingkat kemampuan berpikir kritis fisika Siswa SMA yang dibagi dalam lima kelompok berdasarkan interval skor mereka. Secara keseluruhan, data menunjukkan mayoritas siswa berada pada tingkat kemampuan berpikir kritis yang sedang hingga rendah. Hanya sebagian kecil yang menunjukkan kemampuan berpikir kritis tinggi. Oleh karena itu, diperlukan upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis melalui metode pengajaran yang lebih efektif, latihan berpikir kritis yang intensif, dan perbaikan dalam proses pembelajaran. Dengan mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan spesifik dalam kemampuan berpikir kritis siswa, dan mengusulkan solusi yang sesuai, kita dapat merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: : fisika, keterampilan berpikir kritis, Kurikulum Merdeka
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:34
Last Modified: 29 Apr 2025 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/86728

Actions (login required)

View Item View Item