HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN METODE GURU MENGAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK YPKK 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012

AZIZA AULIA (2012) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN DAN METODE GURU MENGAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK YPKK 3 SLEMAN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -08402244046.pdf

Download (18MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -08402244046.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08402244046.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -08402244046.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08402244046.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang pemanfaatan media pembelajaran dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK YPKK 3 Sleman, 2) mengetahui hubungan antara metode guru mengajar dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK YPKK 3 Sleman, 3) mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang pemanfaatan media pembelajaran dan metode guru mengajar dengan prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK YPKK 3 Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian Ex post Facto. Penelitian ini dilaksanakan di SMK YPKK 3 Sleman, yang beralamat dikarangnongko, Maguwoharjo, sleman Yogyakarta. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMK YPKK 3 Sleman yang berjumlah 60 siswa yang seluruhnya diambil sebagai subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan angket dan nilai UTS Akuntansi. Uji coba instrumen dilaksanakan pada 30 siswa kelas XI SMK YPKK 2 Sleman. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment. Sedangkan uji reliabilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang pemanfaatan media pembelajaran dan metode guru mengajar secara bersama-sama dengan prestasi belajar digunakan teknik analisis korelasi ganda dilanjutkan dengan analisis regresi. Tingkat signifikansi hasil analisis ditentukan sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) terdapat hubungan yang signifikan persepsi siswa tentang pemanfaatan media pembelajaran dengan prestasi belajar dibuktikan dengan nilai p 0,000<0,05; 2) terdapat hubungan yang signifikan metode guru mengajar dengan prestasi belajar dibuktikan dengan nilai p 0,000<0,05; 3) terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang pemanfaatan media pembelajaran dan metode guru mengajar secara bersamasama dengan prestasi belajar, dibuktikan dengan nilai p 0,000<0,05. Sedangkan sumbangan efektif masing-masing variabel yaitu sebesar 33,1% untuk variabel persepsi siswa tentang pemanfaatan media pembelajaran dan 16,2% untuk variabel metode guru mengajar, sehingga secara bersama-sama kedua variabel tersebut memberikan sumbangan efektif terhadap variabel prestasi belajar siswa sebesar 49,3% dan sisanya sebesar 50,7% (100%-49,3%) berhubungan dengan variabel lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci : Media Pembelajaran, Metode Guru Mengajar, Prestasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Metode Guru Mengajar, Prestasi belajar
Subjects: Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Perpustakaan
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 03:20
Last Modified: 29 Jan 2019 17:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8602

Actions (login required)

View Item View Item