Sultan, Jumriani and Nursa'ban, Muhammad (2024) Pengembangan Asesmen untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kreatif dalam Pembelajaran Fisika Peserta Didik SMA untuk Mendukung Penerapan Kurikulum Merdeka. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.
|
Text
tesis_jumriani sultan_22701251028.pdf Restricted to Registered users only Download (44MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan instrumen asessmen berpikir kreatif pada pembelajaran fisika dalam penerapan Kurikulum Merdeka, (2) mendeksripsikan kualitas instrumen yang dihasilkan tersebut, (3) mendeskripsikan kepraktisan berpikir kreatif pada pembelajaran fisika dalam penerapan Kurikulum Merdeka, dan (4) mendeskripsikan hasil keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran fisika dalam penerapan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Tahapan pengembangan pertama meliputi observasi dan pengembangan literatur terkait aspek-aspek keterampilan berpikir kreatif, validasi item melalui expert judgment, dan analisis menggunakan formula Aiken. Tahapan kedua adalah uji coba terbatas yang melibatkan dua guru Fisika dan 65 peserta didik kelas XI SMA. Uji coba skala luas melibatkan 516 peserta didik kelas XI SMA dan enam guru Fisika. Validitas konstruk dibuktikan dengan Confirmatory Factor Analysis, sedangkan informasi mengenai karakteristik butir dan gambaran keterampilan berpikir kreatif peserta didik diperoleh dari hasil estimasi menggunakan pendekatan Item Response Theory model PCA. Realibilitas instrumen dibuktikan dengan menggunakan Alpha Cronbach berdasarkan hasil dari CFA. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Konstruksi instrumen keterampilan berpikir kreatif dikembangkan berdasarkan empat aspek: kelancaran, keluwesan, keaslian, dan keterperincian, dengan 24 butir. (2) Kualitas instrumen yang dikembangkan terbukti valid dan reliabel dengan menghasilkan 16 butir fit. Hal ini menunjukkan bahwa butir yang dikembangkan dapat mengukur eterampilan berpikir kreatif peserta didik SMA mata pelajaran fisika dengan baik. (3) Instrumen tersebut, menurut 76% guru praktis dan menurut 83% peserta didik sangat praktis. (4) Keterampilan berpikir kreatif peserta didik berada pada kategori sedang dan aspek tertinggi adalah kelancaran.
| Item Type: | Thesis (S2) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | fisika, instrumen, keterampilan berpikir kreatif |
| Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika Pendidikan > Evaluasi Pendidikan |
| Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
| Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
| Date Deposited: | 02 Jan 2025 04:09 |
| Last Modified: | 02 Jan 2025 04:09 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84738 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
