Khusniyah, Tri Widarti and Muhtadi, Ali (2019) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Penunjang Pembelajaran Materi Tarakib di Madrasah Tsanawiyah. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (767kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (286kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (929kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (383kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan multimedia pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi tarakib bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah, 2) mengungkapkan kelayakan multimedia pembelajaran meningkatkan pemahaman siswa dalam materi tarakib bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah, 3) mengungkapkan keefektifan multimedia pembelajaran meningkatkan pemahaman siswa dalam materi tarakib bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah. Penelitian dan pengembangan multimedia pembelajaran ini mengikuti tahapan-tahapan model Alessi dan Trollip yang terdiri atas tahap perencanaan, desain, dan pengembangan. Pengujian produk terdiri dari uji alfa, uji beta, dan uji efektivitas. Uji alfa untuk mengetahui tingkat kelayakan produk melibatkan ahli media, ahli materi, dan guru. Uji beta yang juga untuk mengetahui kelayakan produk melibatkan enam siswa kelas VII MTsN 5 Ngawi. Uji efektivitas untuk mengetahui tingkat keefektifan produk dalam meningkatkan pemahaman siswa pada materi tarakib bahasa Arab, melibatkan tiga puluh lima siswa kelas VII MTsN 5 Ngawi. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, angket, skala penilaian, dan tes. Analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan produk aplikasi multimedia pembelajaran materi tarakib bahasa Arab di madrasah tsanawiyah. Multimedia pembelajaran ini terbukti sangat layak untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi tarakib bahasa Arab ditinjau dari aspek media, aspek materi, respons siswa, dan guru. Multimedia pembelajaran yang dikembangkan tersebut memperoleh skor kelayakan (dalam skala 4), dari aspek media 3,65, aspek materi 3,84, respons guru 3,87, dan respons siswa 3,8. Multimedia pembelajaran ini juga memiliki tingkat keefektifan yang tinggi untuk meningkatkan pemahaman siswa dalam materi tarakib bahasa Arab, dengan nilai gain sebesar 0,722.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahasa Arab, materi tarakib, multimedia pembelajaran |
Subjects: | Pendidikan > Teknologi Pendidikan |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Teknologi Pembelajaran |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 07:01 |
Last Modified: | 23 Sep 2019 04:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65365 |
Actions (login required)
View Item |