Kristianti, Anik (2019) Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Pada Mata Pelajaran Boga Dasar Di Smk N 1 Kalasan. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. Cover.pdf Download (794kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (154kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (366kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (357kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (339kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Pustaka.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (987kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) faktor penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Boga Dasar di SMK N 1 Kalasan ditinjau dari faktor internal, (2) penyebab kesulitan belajar siswa ditinjau dari faktor eksternal, (3) faktor internal yang paling dominan menjadi penyebab kesulitan belajar siswa, (4) faktor ektsternal yang paling dominan menjadi penyebab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Boga Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X jurusan Tata Boga yang berjumlah 67 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Pengujian instrumen menggunakan reliabilitas konsisten internal teknik alpha croncbach, dengan menggunakan bantuan program statistik SPSS16.0 release for Windows. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor penyebab kesulitan belajar pada mata pelajaran Boga Dasar di SMK N 1 Kalasan ditinjau dari faktor internal sebagai berikut: faktor kesehatan sebanyak 29 siswa (43.3%) menyatakan cukup berpengaruh, faktor cacat tubuh sebanyak 33 siswa (49.25%) menyatakan berpengaruh rendah, faktor inteligensi sebanyak 42 siswa (62.7%) menyatakan berpengaruh tinggi, faktor bakat sebanyak 39 siswa (58.2%) menyatakan cukup berpengaruh, faktor minat sebanyak 50 siswa (74.6%) menyatakan berpengaruh tinggi, faktor motivasi sebanyak 31 siswa (46.2%) menyatakan cukup berpengaruh, (2) Faktor penyebab kesulitan belajar siswa ditinjau dari faktor eksternal sebagai berikut: faktor keluarga sebanyak 33 siswa (49.2%) menyatakan cukup berpengaruh, faktor sekolah sebanyak 37 siswa (55.2%) menyatakan berpengaruh tinggi, faktor masyarakat dan mass media 32 siswa (47.76%) menyatakan berpengaruh tinggi, (3) faktor internal yang paling dominan penyabab kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran Boga dasar adalah minat disebabkan karena kurangnya kemauan siswa untuk mencatat materi Boga Dasar dengan menarik dan rapi, selain itu minat siswa untuk belajar sebelum pelajaran Boga Dasar dimulai juga masih kurang, (4) faktor eksternal yang paling dominan adalah faktor sekolah disebabkan karena kurangnya fasilitas sekolah berupa buku, literatur, resep mata pelajaran Boga Dasar di perpustakan sekolah.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | faktor eksternal, faktor internal, kesulitan belajar, mata pelajaran Boga Dasar |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 02 Aug 2019 06:20 |
Last Modified: | 02 Aug 2019 06:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/65057 |
Actions (login required)
View Item |