PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PLS YANG BERBASIS POTENSI MASYARAKAT PASCA GEMPA DI BANTUL YOGYAKARTA

S. Wisni, Septiarti (2010) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PLS YANG BERBASIS POTENSI MASYARAKAT PASCA GEMPA DI BANTUL YOGYAKARTA. [Experiment/Research]

[img] Text
14_S_Wisni_SEPTI.doc

Download (36kB)

Abstract

Penelitian dengan menggunakan proses pelatihan ini bertujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam mengatasi keterpurukan akibat bencana alam agar bangkit kembali dan memiliki kehidupan yang lebih baik khususnya di 2 desa di kabupaten Bantul. Jenis pelatihan sebagai media proses penelitian ini adalah bengkel, salon dan usaha produksi dari ban bekas. Fenomena kebangkitan kembali masyarakat melalui proses pelatihan dalam penelitian ini diintepretasi secara kualitatif diawali dengan analisis masalah dan potensi yang pada tahun pertama menghasilkan 10 kader yang di tahun kedua diharapkan dapat menjadi pendamping warga belajar berikutnya. Dengan beberapa pertimbangan diambil 30 orang sebagai subyek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan memperhatikan sifat kolaborasi, partisipatif serta berdampak pada ketercapaian target. Penelitian ini telah menghasilkan sekitar 10 orang yang mampu membuka usaha bengkel secara mandiri dan bekerja pada usaha bengkel. Penelitian juga telah berhasil menjadikan 4 warga membuka usaha salon sementara 2 lainnya bekerja pada usaha salon, Sementara itu sekitar 14 orang lainnya terlibat dalam usaha pembuatan produk dari ban bekas. Yang menarik adalah meningkatnya permintaan jasa ban bekas ini baik dari segi jumlah, jenis dan bahkan hingga ke luar negeri. Bentuk pemasaran khususnya pada usaha ban bekas sudah melalui website sebagaimana diusahakan melalui penelitin hibah bersaing ini. Kata kunci: Model pembelajaran PLS Pendidikan kecakapan hidup.

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: FIP Admin
Date Deposited: 15 Aug 2012 01:48
Last Modified: 13 Sep 2012 11:01
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4240

Actions (login required)

View Item View Item