PENGARUH SIKAP SISWA TENTANG CARA MENGAJAR GURU DAN PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN IPS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII DI KECAMATAN GODEAN TAHUN AJARAN 2012/ 2013

Revianandha, Pratama (2013) PENGARUH SIKAP SISWA TENTANG CARA MENGAJAR GURU DAN PENGGUNAAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN IPS TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP KELAS VIII DI KECAMATAN GODEAN TAHUN AJARAN 2012/ 2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Cover-Daftar Isi.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (604kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (437kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (843kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V - Dapus.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh sikap siswa tentang cara mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa SMP kelas VIII di Kecamatan Godean tahun ajaran 2012/ 2013; 2) Pengaruh sikap siswa tentang penggunaan alat bantu pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa SMP kelas VIII di Kecamatan Godean tahun ajaran 2012/ 2013; dan 3) Pengaruh sikap siswa tentang cara mengajar guru dan penggunaan alat bantu pembelajaran IPS secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa SMP kelas VIII di Kecamatan Godean tahun ajaran 2012/ 2013. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP kelas VIII di Kecamatan Godean pada tahun ajaran 2012/ 2013 sebanyak 832 siswa. Jumlah sampel sebanyak 242 siswa diambil dengan menggunakan Nomogram Herry King, dengan teknik multi stage proportional random sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan korelasi product moment dan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus cronbach alpha. Uji prasyarat analisis terdiri dari uji normalitas, linearitas dan multikolinearitas. Pengujian hipotesis menggunakan regresi linier sederhana dan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sikap siswa tentang cara mengajar guru terhadap motivasi belajar, ditunjukkan dengan (rx y) sebesar 0,479 dan r hitung lebih besar dari r (0,479>0,138); 2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sikap siswa tentang penggunaan alat bantu pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar, ditunjukkan dengan nilai (rx tabel 2 y) sebesar 0,463 dan r lebih besar dari r tabel hitung (0,463>0,138); dan 3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan sikap siswa tentang cara mengajar guru dan penggunaan alat bantu pembelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa SMP kelas VIII di Kecamatan Godean tahun ajaran 2012/ 2013, hasil Ry 0,570 dan F hitung >F (57,382>3,89). Sumbangan Relatif variabel sikap siswa tentang cara mengajar guru sebesar 52,7% dan variabel sikap siswa tentang penggunaan alat bantu pembelajaran IPS sebesar 47,3%. Sumbangan Efektif kedua variabel sebesar 32,4% dan sisanya yaitu 67,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. tabel Kata kunci: Cara Mengajar, Alat Bantu Pembelajaran IPS, Motivasi Belajar. (1,2) 1

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 29 Jun 2015 08:11
Last Modified: 30 Jan 2019 00:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/21859

Actions (login required)

View Item View Item