Asmoro, Jefri Adi (2015) Muatan Pendidikan Multikultural dalam Pembelajaran IPS di SMP Tumbuh Yogyakarta. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Other (FIS Digital)
SKRIPSI 09416241025 Jefri Adi Asmoro.swf - Published Version Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pembelajaran IPS berbasis penanaman nilai-nilai multikultural di SMP Tumbuh Yogyakarta; (2) nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran IPS di SMP Tumbuh Yogyakarta; dan (3) faktor pendukung, penghambat dan upaya menghadapi hambatan. SMP Tumbuh Yogyakarta merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan multikultural sebagai program unggulan, sehingga perlu dikaji lebih mendalam mengenai penerapan pendidikan multikultural dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2014 – Januari 2015. Informan penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru IPS dan 12 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Proses pembelajaran IPS berbasis penanaman nilai-nilai multikultural di SMP Tumbuh Yogyakarta diawali dengan perencanaan pembelajaran meliputi perencanaan tujuan, materi, media, metode, dan evaluasi yang bersifat demokratis, saling menghargai dan disesuaikan dengan kondisi siswa yang beragam. Pelaksanaan pembelajaran IPS berbasis penanaman nilai-nilai multikultural bersifat terbuka, demokratis, berpusat pada siswa dan mengintegrasikan penanaman nilai-nilai multikultural dengan lebih menonjolkan aspek afektif, psikomotorik baru kemudian aspek kognitif. Terakhir adalah evaluasi pembelajaran mengarah pada aspek afektif melalui pengamatan, tes psikologi dan angket; (2) Nilai-nilai multikultural dalam pembelajaran IPS di SMP Tumbuh Yogyakarta meliputi nilai kepedulian, menghormati, menghargai, demokratis, keadilan dan kesetaraan. (3) Faktor pendukung antara lain: kesesuaian antara visi, misi dan tujuan sekolah dengan penerapan pendidikan multikultural, adanya shadow teacher pendamping siswa ABK, adanya homeroom yang berperan menyampaikan nilai multikultural terhadap siswa, tata tertib sekolah yang mengangkat nilai menghargai dan menghormati, program Morning Carpet dan Monday Assembly yang mempresentasikan living values, basis pembelajaran yang menganggap bahwa setiap individu adalah unik serta kondisi siswa yang beragam. Faktor penghambat dan upaya mengatasinya yaitu pertama, manajemen kelas masih belum optimal sehingga guru IPS perlu memperketat pengawasan sikap, mendalami karakter siswa dan menjaga konsistensi kondisi kelas. Kedua, tidak semua materi IPS mengandung wawasan multikultural sehingga guru IPS perlu kreatif dalam menanamkan nilai-nilai multikultural terhadap siswa. Ketiga, masih rentan terjadi tindakan bullying sehingga perlu kesadaran tinggi pada siswa mengenai dampak negatif bullying dan perlunya koordinasi antara sekolah, guru IPS dan orang tua siswa sebagai upaya pencegahan tindakan bullying pada siswa. Kata kunci: Muatan, Pendidikan multikultural, Pembelajaran IPS
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Umum > Penelitian Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Pendidikan Menengah Ilmu Sosial > Pendidikan IPS Pendidikan > Other Ilmu Sosial > Multikultural |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 25 Mar 2015 03:21 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 19:30 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/14048 |
Actions (login required)
View Item |