PENERAPAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS IV SD NEGERI KEJAMBON 2

Dwiuntari, Vita (2013) PENERAPAN PENDEKATAN QUANTUM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA KELAS IV SD NEGERI KEJAMBON 2. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Vita Dwiuntari.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui cara meningkatkan penguasaan konsep siswa kelas IV SD Negeri Kejambon 2 melalui penerapan pendekatan quantum teaching dalam pembelajaran IPA, dan 2) jika meningkat, mengetahui besar peningkatannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaboratif yang berlangsung sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Kejambon 2, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta dengan jumlah siswa 32 anak. Instrumen yang digunakan adalah tes, lembar observasi, dan wawancara. Untuk menentukan validitas instrumen digunakan expert judgement. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara meningkatkan penguasaan konsep melalui penerapan quantum teaching adalah menumbuhkan motivasi siswa, pembelajaran langsung melalui percobaan, memberi nama konsep secara diskusi, demonstrasi guru bersama siswa, siswa mengulangi penjelasan guru, dan pemberian penguatan pada siswa. Disamping itu, penerapan quantum teaching pada siklus I dapat meningkatkan penguasaan konsep IPA sebesar 11, kondisi awal 54 meningkat menjadi 65 dan pada siklus II meningkat sebesar 18, kondisi awal 54 menjadi 72. Ketuntasan siswa pada siklus I, meningkat sebesar 15,65%, kondisi awal 53,1% meningkat menjadi 68,75% dan pada siklus II meningkat 31,28%, kondisi awal 53,1% meningkat menjadi 84,38%. Kata kunci :penguasaan konsep, pendekatan quantum teaching

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 May 2013 07:37
Last Modified: 29 Jan 2019 18:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/10426

Actions (login required)

View Item View Item