PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN MANIK-MANIK PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III DI SLB MARSUDI PUTRA I BANTUL

SUPIYAH, SUPIYAH (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PAPAN MANIK-MANIK PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III DI SLB MARSUDI PUTRA I BANTUL. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1 - 09103248011.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 09103248011.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 09103248011.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 09103248011.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 09103248011.pdf

Download (27MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan pada anak tunagrahita ringan kelas III di SLB Marsudi Putra I Bantul dengan menggunakan media Papan Manik-manik. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan (action research). Subjek penelitian ini terdiri dari siswa tunagrahita ringan kelas III di SLB Marsudi Putra I Bantul. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus.. Metoda yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metoda tes, metoda observasi dan metoda dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah dengan instrumen tes kemampuan penjumlahan, dan lembar observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pelaksanaan pembelajaran penjumlahan dengan menggunakan media papan manik-manik pada kedua siklus menujukkan peningkatan sebesar , subjek Didi memperoleh skor awal 50 menjadi 90 berarti meningkat 40 %, subjek Fadila memperoleh skor awal 30 menjadi 90 berarti meningkat 60 %, sedangkan untuk subjek Putra memperoleh skor awal 30, skor akhir 70, kenaikan 40 %. Pada siklus kedua ini dilakukan perubahan/ modifikasi tindakan berupa latihan yang berulang-ulang dan memberikan penggaris sebagai alat untuk melihat lurus antara manik-manik dengan angka, Pada akhir siklus II masing-masing subjek telah mencapai skor di atas atau sama dengan KKM 70, maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan penjumlahan siswa tunagrahita ringan kelas III di SLB Marsudi Putra I Bantul dapat ditingkatkan melalui media papan manik-manik. Kata kunci : kemampuan penjumlahan, anak tunagrahita ringan, media papan manik-manik vii

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan penjumlahan, anak tunagrahita ringan, media papan manik-manik vii
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 02:49
Last Modified: 29 Jan 2019 18:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9887

Actions (login required)

View Item View Item