UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN RESOLUSI KONFLIK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK BAGI SISWA KELAS X-LOGAM SMK NEGERI 1 KALASAN

Tri Yogi Fitri , Rahmantyo (2012) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN RESOLUSI KONFLIK MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK BAGI SISWA KELAS X-LOGAM SMK NEGERI 1 KALASAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08104241005.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08104241005.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08104241005.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08104241005.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08104241005.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan resolusi konflik bagi siswa kelas X-Logam SMK Negeri 1 Kalasan melalui metode bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan Taggart. Setiap siklusnya terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pelaksanaan siklus II dilaksanakan untuk lebih mematangkan kemampuan resolusi konflik siswa. Pengambilan subyek melalui teknik purposive subject. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-Logam SMK N 1 Kalasan. Jenis tindakan yang dilakukan adalah penerapan metode bimbingan kelompok berupa permainan dan diskusi kelompok. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga instrumen yaitu skala kemampuan resolusi konflik, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bimbingan kelompok berupa permainan resolusi konflik dan diskusi kelompok dapat meningkatkan kemampuan resolusi konflik siswa kelas X-Logam di SMK N 1 Kalasan. Metode bimbingan kelompok ini dapat meningkatkan kemampuan resolusi konflik siswa yang ditunjukkan dengan lebih mampu memandang konflik sebagai sesuatu hal yang positif, menata emosi, membangun komunikasi yang baik dan menghargai sesama. Dibuktikan dengan adanya peningkatan yang signifikan pada skor ratarata pre test 143,85; post test I 159,10; dan post test II 166.37 pada siswa kelas XLogam di SMK N 1 Kalasan. Hasil tersebut juga diperkuat dengan hasil wawancara dan observasi terhadap subyek yang menunjukkan adanya perilaku meningkat dalam resolusi konflik. Kata Kunci: kemampuan resolusi konflik, bimbingan kelompok, remaja.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan resolusi konflik, bimbingan kelompok, remaja.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
?? ppb ??
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Feb 2013 00:41
Last Modified: 29 Jan 2019 18:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9882

Actions (login required)

View Item View Item