PENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKNIK BERBAHASA JAWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WACANA BERGAMBAR PADA SISWA KLS VIII B SMP NEGERI 3 BAYAT KLATEN

USWATUN , HASANAH (2012) PENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA TEKNIK BERBAHASA JAWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA WACANA BERGAMBAR PADA SISWA KLS VIII B SMP NEGERI 3 BAYAT KLATEN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 06205244155.pdf

Download (745kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB1 - 06205244155.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB2 - 06205244155.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB5 - 06205244155.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 06205244155.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk peningkatkan keterampilan membaca pemahaman wacana berbahasa Jawa pada siswa kelas VIII B SMP N 3 Bayat Klaten dengan menggunakan media wacana bergambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Setting penelitian ini adalah Sekolah Menengah Pertama, yang berlokasi jl. Wiro-Bayat Klaten. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII B yang berjumlah tiga puluh siswa. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat langkah, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif, yang mencakup analisis proses dan hasil. Validitas yang digunakan adalah validitas demokratik, validitas proses, dan validitas dialogik. Reliabilitas yang digunakan adalah check ri chek (kajian berulang). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan membaca teknik berbahasa Jawa pada siswa kelas VIII B SMP N 3 Bayat Klaten meningkat setelah digunakan media wacana bergambar. Peningkatan dapat dilihat dari hasil proses dan hasil prestasi. Hasil proses menunjukkan ada perubahan sikap siswa menjadi lebih aktif dan tertib dalam pembelajaran membaca. Keaktifan siswa ditandai dengan peningkatan aktivitas siswa dalam bertanya, berpendapat dan tampil di depan kelas dengan penuh percaya diri. Ketertiban siswa ditunjukkan dengan sikap tenang dan memperhatikan guru selama proses pembelajaran berlangsung. Hasil prestasi ditunjukkan perolehan nilai rata-rata siswa sebelum dilakukan tindakan sebesar 57,3 menjadi 61,5 pada siklus I, kemudian menjadi 73,7 pada siklus II, dan 81,9 pada siklus III.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 06 Feb 2013 01:38
Last Modified: 24 Sep 2020 04:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9849

Actions (login required)

View Item View Item