PENGARUH PENGGUNAAN LAGU ANAK-ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR APRESIASI PUISI KELAS III SD NEGERI 1 MIRENG TRUCUK KLATEN TAHUN AJARAN 2011/2012

Kanthi , Lestari (2012) PENGARUH PENGGUNAAN LAGU ANAK-ANAK TERHADAP HASIL BELAJAR APRESIASI PUISI KELAS III SD NEGERI 1 MIRENG TRUCUK KLATEN TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB2 - 08108244066.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB1 - 08108244066.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB3 - 08108244066.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB4 - 08108244066.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB5 - 08108244066.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER - 08108244066.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108244066.pdf

Download (858kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan lagu anak-anak terhadap hasil belajar apresiasi puisi SDN 1 Mireng Trucuk Klaten. Jenis penelitian yang dipakai adalah eksperimen kuasi yang berbentuk nonequivalent control group design dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Mireng Trucuk Klaten tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 46 anak yang terbagi kedalam kelas A dan kelas B. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sehingga diperoleh siswa kelas III B sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas III A sebagai kelompok kontrol. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu observasi dan tes. Instrumen untuk mengukur hasil belajar menggunakan pre-test dan post-test yang berbentuk obyektif tes. Validitas yang digunakan adalah validitas internal yaitu validitas isi (expert judgement). Reliabilitas yang digunakan adalah reliabilitas internal dengan rumus alpha. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif, mean. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan penggunaan lagu anak-anak terhadap hasil belajar apresiasi puisi SDN 1 Mireng Trucuk Klaten. Hal ini ditunjukkan dengan perbedaan nilai rerata post-test kelas eksperimen sebesar 75,78, yang mengalami peningkatan dari nilai rerata pre-test sebesar 58,09, sedangkan nilai rerata post-test kelas kontrol sebesar 47,09, yang mengalami peningkatan dari nilai rerata tes awal (pre-test) sebesar 45,26. Kata kunci : Lagu anak-anak, hasil belajar apresiasi puisi

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lagu anak-anak, hasil belajar apresiasi puisi
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Feb 2013 01:05
Last Modified: 29 Jan 2019 18:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9780

Actions (login required)

View Item View Item