PEMANFAATAN SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) BAGI SISWA KELAS XI SMA N 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

AMY JULIA ALELA , RACHMAH (2012) PEMANFAATAN SITUS JEJARING SOSIAL FACEBOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) BAGI SISWA KELAS XI SMA N 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover -08520244026.pdf

Download (702kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 -08520244026.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -08520244026.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -08520244026.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -08520244026.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada mata pelajaran TIK kelas XI SMA N 1 Depok Sleman Yogyakarta antara kelas yang memanfaatkan situs jejaring sosial Facebook sebagai media pembelajaran dengan kelas yang tidak memanfaatkan situs jejaring sosial Facebook. Selain itu untuk mengetahui respon siswa dan kendala yang dihadapi ketika menggunakan situs jejaring sosial Facebook sebagai media penunjang pembelajaran.� Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eskperimen. Instrumen penelitian berupa tes dan non tes. Instrumen tes berupa soal pretest dan posttest sebanyak 30 soal pilihan ganda dengan kompetensi dasar penggunaan perangkat lunak pembuat desain grafis aplikasi Adobe Photoshop. Instrumen nontes berupa kuesioner (angket) sebanyak 24 butir pernyataan dan 1 pertanyaan terbuka. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA N 1 Depok Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2011/2012 yang berjumlah 34 siswa untuk kelas eksperimen dan 38 siswa untuk kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar siswa pada penelitian ini diukur dengan menggunakan data gain yang kemudian dilakukan uji statistik melalui uji perbedaan dimana sebelumnya telah dilakukan perhitungan uji normalitas dan uji homogen. Respon dan kendala siswa terhadap pemanfaatan situs jejaring sosial Facebook sebagai media pembelajaran didapat melalui kuesioner melalui tabel kategori kecenderungan masing-masing variabel dan rerata skor. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan hasil belajar antara kelas yang memanfaatkan Facebook dengan kelas yang tidak memanfaatkan Facebook. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji hipotesis Mann-Whitney yang menghasilkan data sig. 0,00 < 0,05, maka sesuai kriteria uji, Ho ditolak dan Ha diterima��Hasil analisis rerata skor kuesioner menunjukan rata-rata tiap butir soal 3,0 artinya responden menyetujui bahwa terdapat manfaat dalam penggunaan Facebook sebagai media pembelajaran, namun respon siswa terhadap pemanfaatan situs jejaring sosial Facebook cenderung rendah yaitu pada interval 54.227 � x < 61.18 sebanyak 13 siswa, hal ini disebabkan masih terdapat beberapa kendala diantaranya, 59% siswa mengeluhkan mengenai masalah pulsa dan perangkat handphone, 25 % siswa memiliki kendala mengenai waktu, 10 % siswa mempermasalahkan koneksi internet dan sisanya mengeluhkan mengenai sistem pembelajaran menggunakan Facebook yang dirasa masih perlu banyak adaptasi. Kata Kunci Facebook, Mata Pelajaran TIK, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Facebook, Mata Pelajaran TIK, Hasil Belajar
Subjects: Perpustakaan
Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 05 Feb 2013 00:36
Last Modified: 29 Jan 2019 18:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9749

Actions (login required)

View Item View Item