PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI BILANGAN (1-20) MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI 53 GEBLAG BANTUL YOGYAKARTA

Rezani , Septiyana (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI BILANGAN (1-20) MELALUI MEDIA KARTU ANGKA PADA KELOMPOK B DI TK PERTIWI 53 GEBLAG BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 1.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar cek list.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hasil Pretest Kemampuan Operasi Bilangan.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lanjutan Hasil Pretest Kemampuan Operasi Bilangan.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1. RKH.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Skenario Pembelajaran.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. LKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Dokumentasi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT IJIN PENELITIAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anak dalam operasi bilangan khususnya penambahan dan pengurangan melalui media kartu angka yang disertai gambar di Taman Kanak-kanak Pertiwi 53 Geblag di kecamatan Bantul kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, siklus II sebagai pemantapan dari siklus I. Subyek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B1 di TK Pertiwi 53 Geblag Bantul tahun pelajaran 2011/2012 pada bulan Februari sampai April yang terdiri dari 18 anak dengan 13 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Tindakan berupa pembelajaran kemampuan operasi bilangan khususnya penambahan dan pengurangan dengan menggunakan media kartu angka yang disertai gambar. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi (checklist) dan portofolio. Teknik analisis data penelitian menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan penambahan dan pengurangan yang signifikan. Hal ini dibuktikan dari prosentase yang diperoleh pada kedua indikator yaitu penambahan dan pengurangan. Pada indikator penambahan hasil yang diperoleh dari teknik observasi saat pretest adalah 43,88%, pada siklus I 86,38%, pada siklus II 93,05% sedangkan dengan teknik portofolio saat pretest adalah 46,38%, pada siklus I 86,66%, pada siklus II 90,55%. Pada indikator pengurangan hasil yang diperoleh dari teknik observasi saat pretest adalah 41,66%, pada siklus I 86,66%, pada siklus II 92,77%, sedangkan dengan teknik portofolio saat pretest adalah 41,94%, pada siklus I 85,55%, pada siklus II 90,55%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media kartu angka mempunyai pengaruh besar terhadap peningkatan kemampuan anak dalam operasi bilangan khususnya penambahan dan pengurangan. Maka disarankan penggunaan media kartu angka dapat dikembangkan di TK lainnya agar dapat meningkatkan kemampuan anak dalam operasi bilangan khususnya penambahan dan pengurangan. Kata kunci: kemampuan penambahan dan pengurangan, kartu angka

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan penambahan dan pengurangan, kartu angka
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Perpustakaan
Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 04 Feb 2013 03:51
Last Modified: 29 Jan 2019 18:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9732

Actions (login required)

View Item View Item