MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI DUKUH KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO

Wahyu , Sudibyo (2012) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI DUKUH KECAMATAN NANGGULAN KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108244031.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108244031.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108244031.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108244031.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108244031.pdf

Download (859kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV SD Negeri Dukuh, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart, yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Dukuh, Kecamatan Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo, yang berjumlah 17 siswa. Objek penelitiannya adalah meningkatkan presta si belajar Ilmu Pengetahuan Sosial menggunakan pendekatan kontekstual. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV di SD tersebut. Hal ini dapat dilihat dari analisis hasil setiap siklusnya. Nilai rata-rata kelas sudah mengalami peningkatan dan kriteria ketuntasan belajar juga sudah meningkat. Pada siklus I, nilai rata-rat a kelas sebesar 67,06. Jumlah siswa yang tuntas belajar mencapai 47,06%. Pada si klus II, nilai rata-rata kelas sudah mencapai 76,47. Jumlah siswa yang sudah tuntas belajar mencapai 76,47%. Hal ini berarti terjadi peningkatan nilai rata -rata kelas sebesar 9,41. Sedangkan untuk jumlah siswa yang tuntas, mengalami peningkatan sebesar 29,41%. Berdasarkan kriteria keberhasilan pada penelitian ini, pembelajaran pada siklus II sudah dikatakan tuntas. Hal ini dikarenakan sudah ada 13 siswa yang mendapatkan nilai ketuntasan. Kata kunci: Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendekatan Kontekstual, Siswa SD  

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial, Pendekatan Kontekstual, Siswa SD  
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 01 Feb 2013 06:13
Last Modified: 29 Jan 2019 18:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9690

Actions (login required)

View Item View Item