PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA DAN KARTU BERGAMBAR DI RA BABUSSALAM PREMBULAN GALUR KULON PROGO

TITIK , PURWANTI (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN KARTU ANGKA DAN KARTU BERGAMBAR DI RA BABUSSALAM PREMBULAN GALUR KULON PROGO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 - NIM. 08111241006.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - NIM. 08111241006.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - NIM. 08111241006.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover - NIM. 08111241006.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - NIM. 08111241006.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan anak usia 4-5 tahun melalui permainan kartu angka dan kartu bergambar di RA Babussalam, Prembulan, Galur, Kulon Progo. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif yang dilakukan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari 4 kali tindakan. Subyek penelitian ini adalah siswa-siswi Kelompok A Raudatul Atfal Babussalam sebanyak 20 anak. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan dokumentasi foto untuk mengetahui proses dan hasil kegiatan belajar mengajar yang dilakukan. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dan diskriptif kualitatif, yaitu peneliti mendeskripsikan data yang diperoleh dari hasil observasi dan dokumentasi Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan yang signifikan, yaitu peningkatan kemampuan mengenal lambang bilangan. Hal ini dibuktikan dengan hasil pra tindakan pada indikator pertama sebesar 40% meningkat pada siklus I menjadi 65% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 90%. Hasil pra tindakan pada indikator kedua sebesar 40% meningkat pada siklus I menjadi 60% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 85%. Selanjutnya phasil pra tindakan pada indikator ketiga sebesar 45% meningkat pada siklus I menjadi 70% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 90%. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa melalui permainan kartu angka dan kartu bergambar memiliki pengaruh besar dalam pembelajaran mengenal lambang bilangan, karena dengan permainan kartu angka dan kartu bergambar kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak meningkat. Kata kunci: kemampuan mengenal lambang bilangan, permainan kartu angka dan kartu bergambar.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kemampuan mengenal lambang bilangan, permainan kartu angka dan kartu bergambar.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 30 Jan 2013 06:18
Last Modified: 30 Jan 2013 06:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9568

Actions (login required)

View Item View Item