EFEKTIVITAS METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS X SMA N 10 YOGYAKARTA

Yani , Sopiani (2012) EFEKTIVITAS METODE KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA PRANCIS SISWA KELAS X SMA N 10 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-04204241001.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-04204241001.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-04204241001.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-04204241001.pdf

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-04204241001.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan penggunaan metode kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Prancis. Penelitian ini merupakan jenis kuasi eksperimen dan terdiri dari dua variable, yaitu variable bebas (metode kooperatif tipe jigsaw) dan variable terikat (keterampilan berbicara bahasa Prancis). Desain penelitian ini adalah time series design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 10 Yogyakarta. Sampel diambil menggunakan teknik cluster sampling yang terdiri dari satu kelas eskperimen sebanyak 34 siswa. Data penelitian diambil dengan menggunakan tes kemampuan berbicara. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas konstruk dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel (17,031 >2,477) dengan taraf signifikansi sebesar 0.000. Nilai signifikansi yang didapatkan adalah lebih kecil daripada alpha 5% (0.000 < 0.05), hasil perhitungan tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan kemampuan berbicara bahasa Prancis siswa antara sebelum penggunaan metode kooperatif tipe jigsaw dan sesudah penggunaan kooperatif tipe jigsaw. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Prancis lebih efektif daripada pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Prancis tanpa menggunakan metode kooperatif tipe jigsaw.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Perancis
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Perancis
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 29 Jan 2013 08:24
Last Modified: 29 Jan 2019 18:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9538

Actions (login required)

View Item View Item