KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PETA KONSEP DAN PENDEKATAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GODEAN

Nur Ari , Pretiwi (2012) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN PETA KONSEP DAN PENDEKATAN PROSES DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GODEAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
1-08201241037.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1-08201241037.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2-08201241037.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5-08201241037.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran-08201241037.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan keterampilan menulis karangan argumentasi pada siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan peta konsep dan pendekatan proses dengan siswa yang mengikuti pembelajaran secara konvensional. Selain itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk membuktikan keefektifan penggunaan peta konsep dan pendekatan proses dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Godean. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen dengan menggunakan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Godean yang terbagi dalam lima kelas, sedangkan sampel penelitian adalah siswa XA sebagai kelas kontrol dan kelas XB sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian tersebut dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman penilaian menulis karangan argumentasi. Validitas yang dilakukan adalah validitas isi oleh ahli dan reliabilitas dihitung menggunakan teknik konsistensi internal Alpha Cronbach yang menunjukkan hasil 0,700, sehingga dinyatakan reliabel karena lebih besar dari 0,6. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t untuk sampel berhubungan dan uji-t untuk sampel bebas yang dihitung menggunakan program komputer SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara penguasaan keterampilan menulis karangan argumentasi siswa kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan peta konsep dan pendekatan proses dengan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran secara konvensional, hal tersebut ditunjukkan dengan hasil penghitungan uji-t untuk sampel bebas berupa skor t hitung lebih besar dari skor t tabel (th = 5,506 > tt = 1,990) pada taraf signifikansi 5% (0,05) dan db 70; (2) pembelajaran menulis karangan argumentasi menggunakan peta konsep dan pendekatan proses lebih efektif dibandingkan pembelajaran secara konvensional. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t untuk sampel berhubungan yang menunjukkan bahwa skor t hitung (th) adalah sebesar 14,636 dengan db 35. Skor t hitung tersebut dikonsultasikan dengan nilai t tabel pada taraf signifikansi 5% dan db 35. Skor t tabel (tt) pada taraf signifikasni 5% dan db 35 adalah 2,031. Hal itu menunjukkan bahwa skor t hitung lebih besar daripada skor t tabel (th = 14,636 > tt = 2,031).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 10 Jan 2013 03:42
Last Modified: 29 Jan 2019 18:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9418

Actions (login required)

View Item View Item