UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS V SD NEGERI II SEREN, PURWOREJO

Annisatul , Ummah (2012) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS V SD NEGERI II SEREN, PURWOREJO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab 1 -NIM 07108248114.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 -NIM 07108248114.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 -NIM 07108248114.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover -NIM 07108248114.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -NIM 07108248114.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi melalui pendekatan contextual teaching and learning kelas V SD Negeri II Seren, Gebang, Purworejo, Jawa Tengah Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan spiral. Kegiatan pembelajaran pada siklus I mendasari penentuan kegiatan dan peningkatan pembelajaran pada siklus II apabila siklus II diperlukan dan seterusnya. Pada setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri II Seren yang berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk mengetahui pengelolaan kelas dan tes dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi. Penelitian dilakukan secara kolaborasi dengan guru. Pada setiap akhir siklus dilakukan refleksi dengan kolaborator. Data hasil penelitian ini dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas V SD Negeri II Seren. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari meningkatnya keterampilan deskripsi siswa. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi dapat dilihat dari meningkatnya keterampilan deskripsi siswa. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa 5,85 dan masuk kategori kurang terampil meningkat 3,2 menjadi 9,2 dan masuk kategori terampil pada siklus I. Nilai rata-rata hasil keterampilan menulis deskripsi pada siklus I sebesar 9,2 dan masuk kategori terampil meningkat sebanyak 4,2 menjadi 13,47 dan masuk kategori sangat terampil pada siklus II. Kata kunci: keterampilan menulis karangan deskripsi, Contextual Teaching and Learning

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis karangan deskripsi, Contextual Teaching and Learning
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 07 Jan 2013 02:11
Last Modified: 29 Jan 2019 18:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/9311

Actions (login required)

View Item View Item