Evaluasi Pelaksanaan Differentiated Instruction (DI) pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI SMA di Yogyakarta

Seran, D'aquinaldo Stefanus Fani and Putro, Nur Hidayanto Pancoro Setyo (2025) Evaluasi Pelaksanaan Differentiated Instruction (DI) pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas XI SMA di Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_daquinaldo stefanus fani seran_23070240006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kesesuaian dan keefektifan pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi pada Mata pelajaran Bahasa Inggris kelas XI SMA di Yogyakarta, ditinjau dari pengidentifikasian peserta didik, tujuan pembelajaran, kondisi sosial dan budaya di dalam kelas; ketersediaan sumber daya manusia (guru & peserta didik), perencanaan materi pembelajaran, ketersediaan fasilitas dan sumber daya pendukung; penggunaan fasilitas dan sumber daya pendukung, proses/pelaksanaan pembelajaran; dan hasil setelah mengikuti pembelajaran. Penelitian evaluasi ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif yang didukung oleh pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Dengan populasi penelitian adalah SMA swasta dan negeri di Yogyakarta yang sudah melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi. Sampel penelitian mencakup lima SMA yaitu SMA Negeri terdiri dari 2 sekolah, dan SMA Swasta terdiri dari 3 sekolah. Dari setiap sekolah diambil 2 kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas tindak lanjut Bahasa Inggris, dengan jumlah peserta didik sebanyak 289 siswa, dan semua guru Bahasa Inggris ke-5 SMA sebanyak 15 guru. Karena itu teknik pengumpulan data ini menggunakan purpose sampling. Pengumpulan data ini dalam bentuk angket, observasi, telaah dokumen dan juga wawancara untuk menambah pemahaman yang mendalam tentang pembelajaran yang dievaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, pertama, dari pihak peserta didik, aspek context, input, process dan product belum terlaksana dengan baik, atau belum sesuai dengan standar yang ditetapkan. Hal ini terbukti dengan tingkat kesesuaian dan keefektifan secara berurutan sebesar 76%, 82%, 77%,76% dan tingkat ketidaksesuaian atau ketidakefektifan sebesar 24%, 18%,23% 24%. Sedangkan kedua, dari pihak guru aspek context, input, process, dan product sudah terlaksana dengan baik, sesuai dengan standar yang ditetapkan. Hal ini terbukti lewat tingkat kesesuaian dan keefektifan pada guru secara berurutan sebesar 83%,84%,86%,84%, dan tingkat ketidaksesuaian ataupun ketidakefektifan sebesar 17%,16%,14%, dan 16%. Hasil ini menunjukan bahwa pembelajaran berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris kelas XI SMA di Yogyakarta menunjukan hasil yang positif, karena sudah sesuai dan efektif bagi guru, sedangkan peserta didik perlu diberi perhatian ekstra oleh para stakeholder untuk meningkatkan hasil sesuai dengan standar yang diharapkan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Differentiated Instruction, Evaluasi, Pembelajaran, Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Nov 2025 08:14
Last Modified: 04 Nov 2025 08:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88387

Actions (login required)

View Item View Item