Analisis IRT Multidimensi pada Perangkat Tes Protefl Unit Layanan Bahasa Universitas Negeri Yogyakarta.

Rifqiyah, Fina and Purnawan, Ari (2025) Analisis IRT Multidimensi pada Perangkat Tes Protefl Unit Layanan Bahasa Universitas Negeri Yogyakarta. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_fina rifqiyah_22701251030.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap (1) jumlah dimensi, (2) karakteristik butir dan parameter kemampuan peserta tes, dan (3) hubungan antar dimensi kemampuan pada perangkat tes ProTEFL yang dikembangkan oleh Unit Layanan Bahasa, Universitas Negeri Yogyakarta dengan menggunakan pendekatan IRT Multidimensi Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Sumber data berupa respon jawaban peserta tes sebanyak 3.300 peserta dari 140 butir soal. Dimensi pada soal ditentukan dengan screeplot, karakteristik butir soal diestimasi menggunakan model Rasch, 2PL, dan 3PL. Model terbaik dipilih berdasarkan jumlah butir yang cocok pada masing-masing model. Kemampuan peserta diidentifikasi menggunakan histogram. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perangkat tes ProTEFL mengandung dua dimensi soal. Butir-butir soal pada bagian Listening dan Grammar masuk dalam dimensi 1, dan butir-butir soal pada bagian Reading masuk ke dalam dimensi 2. (2) Perangkat tes ini cocok dianalisis dengan menggunakan model 3 Parameter Logistics, dengan jumlah butir yang cocok yaitu 99 butir. (3) Hubungan antar dimensi pada perangkat tes ProTEFL menunjukkan hubungan yang signifikan dengan indikator-indikator yang relevan. Variabel-variabel dalam Listening A, Listening B, Listening C, Grammar A, dan Grammar B secara signifikan dimuat pada faktor MR1, dengan estimasi beban faktor yang cukup tinggi, yang menunjukkan bahwa variabel-variabel secara konsisten berhubungan dengan faktor yang lebih besar. Variabel-variabel read1, read2, read3, read4, dan read5, yang dimuat pada faktor MR2, juga menunjukkan hubungan yang kuat dengan faktor kedua tersebut. Semua beban faktor pada kedua variabel tersebut signifikan dengan nilai p kurang dari 0.05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: IRT Multidimensi, ProTEFL, tes kemahiran berbahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 04 Nov 2025 07:31
Last Modified: 04 Nov 2025 07:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/88380

Actions (login required)

View Item View Item