PENINGKATAN PEMBELAJARAN SMASH BOLAVOLI MINI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 TANJUNGANOM KALIWIRO WONOSOBO

Sarman, Sarman (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN SMASH BOLAVOLI MINI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 TANJUNGANOM KALIWIRO WONOSOBO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
bab1 -10604227039.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2 -10604227039.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5 -10604227039.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover -10604227039.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran -10604227039.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakang oleh permasalahan banyaknya siswa kelas IV belum menguasai teknik dasar smash dengan benar dan beberapa siswa yang takut terhadap bola untuk melakukan smash. Penelitian ini bertujuan Untuk meningkatan meningkatkan pembelajaran smash bolavoli mini melalui pendekatan bermain pada Siswa Kelas IV di SD Negeri 2 Tanjunganom Kaliwiro Wonosobo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 1 siklus yang terdiri dari 4 pertemuan, dan tahapan dalam satu siklus terdiri dari perencanaan, implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanjunganom dengan jumlah 19 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengamatan yang dilakukan oleh kolabolator, hasil tes siswa yang dilakukan oleh kolabolator dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil pembelajaran smash pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Tanjunganom Kaliwiro Wonosobo. Berdasarkan data hasil pengamatan guru, maka pelaksanaan pembelajaran smash dengan menggunakan pendekatan bermain berlangsung dengan baik pada tiap siklus. Hasil nilai rata-rata kelas dari data awal sebesar 56,4 (52,6% siswa yang tuntas) dan meningkat pada siklus 1 sebesar 81,9 (100% siswa yang tuntas), peningkatan yang terjadi diantara data awal dengan siklus 1 adalah sebesar 47,4%. Sedangkan hasil wawancara dengan siswa menyebutkan bahwa bagi siswa pembelajaran smash yang dilakukan guru sangat menyenangkan dan merupakan pembelajaran baru bagi siswa. Kata kunci: smash, bolavoli mini, pendekatan bermain.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: smash, bolavoli mini, pendekatan bermain.
Subjects: Olahraga
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 13 Dec 2012 01:39
Last Modified: 29 Jan 2019 17:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8730

Actions (login required)

View Item View Item