IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR MASJID SYUHADA’ YOGYAKARTA

Ardian, Yunaryo (2012) IMPLEMENTASI KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR MASJID SYUHADA’ YOGYAKARTA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 05101241018.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 05101241018.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 05101241018.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 05101241018.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 05101241018.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendes kripsikan implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan oleh Guru SD Masjid Syuhada’ Yogyakarta, yang meliputi : (1) Perencanaan pembelajaran berbasis KTSP, (2) Pelaksanaan pembelajaran berbasis KTSP, (3) Evaluasi pembelajaran oleh guru, (4) Hambatan yang dialami guru dalam pelaksanaan implementasi KTSP, (5) Upaya yang dilakukan oleh guru untuk mengatasi hambatan dalam implementasi KTSP. Penelitian ini merupakan penelitian desk riptif kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di SD Masjid Syuhada’ Yogyakarta. Subyek penelitiannya yaitu Kepala Sekolah dan Guru SD Masjid Syuhada’. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu analis is data kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Perencanaan pembelajaran belum berjalan dengan optimal ditinjau dari sisi penyusunan RPP yang masih belum tepat, RPP kadang disusun secara akumulasi dalam beberapa pertemuan sekaligus bahkan setelah pelaksanaan pembelajarannya berlangsung. (2) Pelaksanaan pembelajaran di SD Masjid Syuhada’ juga belum berjalan dengan optimal  ditinjau dari sisi jumlah peserta didik dalam 1 rombongan belajar yang melebihi standar maksimal, beban kerja guru yang terlalu banyak, dan sarana pendidikan yang masih belum mencukupi. (3) Evaluasi pembelajaran sudah berjalan optimal. Hal ini terlihat dari proses pelaksanaan evaluasi yang sudah benar-benar diterapkan guru dengan baik dan juga pemberian nilai kepada siswa secara murni tanpa adanya penambahan. (4) Hambatan dalam implementasi KTSP yaitu banyaknya beban kerja guru, kondisi siswa yang berbeda-beda, keterbatasan waktu, serta kurangnya sarana dan prasarana. (5) Upaya yang dilakukan adalah merumuskan kembali pembagian tugas guru agar bisa merata sesuai dengan standar yang ditetapkan pemerintah, selalu berkomunikasi kepada orang tua siswa, meningkatkan kedisiplinan dan memana jemen waktu secara baik, mengajukan usulan kepada kepala sekolah dan yayasan untuk penggadaan sarana dan prasarana pendidikan. Kata Kunci : implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: implementasi kurikulum tingkat satuan pendidikan.
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 11 Dec 2012 07:08
Last Modified: 29 Jan 2019 17:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8640

Actions (login required)

View Item View Item