Evaluasi Implementasi Program Pendidikan Antikorupsi di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah.

Salimah, Zahrotun and Setiawan, Risky (2024) Evaluasi Implementasi Program Pendidikan Antikorupsi di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.

[img] Text
tesis_zahrotun salimah_22701251013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK ZAHROTUN SALIMAH: Evaluasi Implementasi Program Pendidikan Antikorupsi di Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah. Tesis. Yogyakarta: Sekolah Pascasarjana. Universitas Negeri Yogyakarta, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk menilai ketercapaian pelaksanaan program pendidikan antikorupsi (PAK) di sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) secara holistik untuk mengungkap ketercapaian pada komponen context, input, process, dan product. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi yang menggunakan model evaluasi CIPP dari Stufflebeam sebagai acuan evaluasi. Desain penelitian ini adalah mixed methods dengan model concurrent embedded. Evaluasi ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 1 Surakarta dan SMPN Ekologi Kahuripan Padjajaran Purwakarta. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket serta melalui wawancara, observasi, dan telaah dokumen. Subjek evaluasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Subjek evaluasi di SD Muhammadiyah 1 Surakarta adalah tiga kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, 25 guru, dan 218 siswa. Subjek evaluasi di SMPN Ekologi adalah empat kepala sekolah dan wakil kepala sekolah, 13 guru, dan 206 siswa. Pembuktian validitas instrumen menggunakan validitas isi dengan formula Aiken’s V dan validitas konstruk menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Analisis butir menggunakan Item Response Theory (IRT) untuk angket siswa serta estimasi reliabilitas menggunakan alpha Cronbach dengan hasil sebesar 0,81. Teknik analisis data kuantitatif menggunakan statistik deskriptif dan analisis data kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman. Analisis data dibantu menggunakan aplikasi Program R, SPSS, dan NVIVO. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komponen context kedua sekolah sudah baik. Namun, dukungan pemerintah masih belum maksimal. Komponen input di kedua sekolah juga sudah baik. Tetapi untuk SD Muhammadiyah 1 Surakarta belum ada dokumen perencanaan program. Untuk guru juga diperlukan pelatihan insersi pendidikan antikorupsi dalam pembelajaran. Pada komponen process, sekolah telah konsisten melaksanakan program PAK, akan tetapi perlu dilakukan evaluasi yang terukur untuk menilai dampak dari pelaksanaan program. Pada komponen product, seluruh subjek evaluasi di SD Muhammadiyah 1 Surakarta sudah memiliki integritas kategori baik, sedangkan di SMPN Ekologi Kahuripan Padjajaran Purwakarta, skor integritas kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru cukup baik. Skor integritas siswa mayoritas sudah baik. Pemerintah perlu memberikan perhatian lebih untuk program PAK, monitoring dan evaluasi secara berkala diperlukan untuk memastikan program berjalan sesuai rencana dan mampu memberikan dampak yang signifikan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, integritas, model CIPP, program pendidikan antikorupsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Dec 2024 02:49
Last Modified: 03 Dec 2024 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/84559

Actions (login required)

View Item View Item