Calisa Ari , Pranata (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA DI SMP N 1 NGAGLIK SLEMAN. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.
|
Text
Halaman Depan.pdf Download (7MB) | Preview |
|
|
Text
bab 1.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
bab 2.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
bab V.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
ANALISIS PETA KOMPETENS 2.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Kerja Siswa 1.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Kerja Siswa 2.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
Peraturan permainan.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran - Copy.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN 2 - Copy.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text
SILABUS PEMBELAJARAN IPA TERPADU 2.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
SOAL GAME TGT 2.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text
Soal Game TGT.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
angket data.pdf Download (41kB) | Preview |
|
|
Text
ANLISIS SOAL PRETEST DAN POSTTEST.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
KISI soal 1.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
KISI soal 2.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
kisi-kis motivasi angket 2.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR OBSERVASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text
Soal Pencemaran 1.pdf Download (39kB) | Preview |
|
|
Text
SOAL POSTEST 2.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
SOAL POSTEST.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
soal pretest 1.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
soal pretest 2.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
ANGKET MTIVASI.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR KEHADIRAN SISWA KELAS VII C TAHUN AJARAN 2011.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
Dokumentasi 1.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text
Dokumentasi 2.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR SKOR DALAM GAME.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text
nilai siswa.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
Perhitungan Gain Normalisasi.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
Rekapitulasi Tes siswa.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text
Surat Penelitian.pdf Download (2MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran IPA dengan Model Kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII C SMP N 1 Ngaglik Sleman. Desain penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam 2 siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 36 peserta didik kelas VII C SMP N 1 Ngaglik Sleman. Tema yang di gunakan adalah Lingkunganku Tercemar Bahan Kimia dalam Rumah Tangga. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari lembar angket dan lembar soal tes (pretest dan posttest). Data peningkatan motivasi belajar dianalisis dengan menggunakan teknik persentase, sedangkan data peningkatan hasil belajar IPA dianalisis dengan menggunakan Gain Normal dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model Kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar peserta didik kelas VII C SMP N 1 Ngaglik Sleman. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui adanya peningkatan motivasi siswa ditunjukkan dengan adanya kenaikan persentase motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, persentase motivasi belajar siswa adalah 83,3%, sedangkan pada siklus II adalah 94%. Sementara itu, Peningkatan hasil belajar siswa ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata pretest dan posttest pada setiap siklus dengan nilai Gain sebesar 0,28 pada siklus I dan 0,61 pada siklus II. Peningkatan hasil belajar peserta didik juga ditandai dengan adanya peningkatan rata-rata nilai posttest dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 15,6 poin. Peningkatan tersebut kemudian dianalisis menggunakan effect size dan memberikan efek sebesar 1,8 termasuk dalam kategori tinggi. Nilai dari efek tersebut menandakan bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) pada Tema Lingkunganku Tercemar Bahan Kimia dalam Rumah Tangga memberikan efek besar dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata kunci : Model Kooperatif tipe TGT, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Kooperatif tipe TGT, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia Perpustakaan |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan IPA Perpustakaan |
Depositing User: | Eprints |
Date Deposited: | 05 Dec 2012 03:06 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 17:29 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/8342 |
Actions (login required)
View Item |