PENINGKATAN KEMAMPUAN ARTIKULASI MELALUI METODE DRILL PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB-B YPPALB KOTA MAGELANG

RIRIN, FIDIAWATI (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN ARTIKULASI MELALUI METODE DRILL PADA ANAK TUNARUNGU KELAS DASAR II DI SLB-B YPPALB KOTA MAGELANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 07103241035.pdf

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab1 - 07103241035.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab2 - 07103241035.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab5 - 07103241035.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 07103241035.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan artikulasi melalui metode drill pada anak tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPALB Kota Magelang. Jenis penelitian adalah tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan mulai tanggal 14 Juli – 5 September 2011. Subjek penelitian ini ada 3 anak tunarungu kelas dasar II, yakni subjek 1 EP, subjek 2 Ak, dan subjek 3 JH. Objek penelitian ini berupa kemampuan artikulasi pada anak tunarungu kelas dasar II, setting penelitian di SLB-B YPPALB Kota Magelang. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus. Siklus pertama terdiri dari 9 pertemuan dan siklus kedua terdiri dari 2 pertemuan. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan tes peningkatan kemampuan artikulasi, observasi, wawancara. Adapun metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskritif kualitatif yang ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran kemampuan artikulasi anak tunarungu kelas dasar II dapat ditingkatkan dengan metode drill. Hasil tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya skor pada pre test mencapai nilai rata-rata anak 44,58%, post tes siklus I nilai rata-rata anak 73,75% dan pada post test siklus II nilai rata-rata anak 92,08%. Meningkatkan kemampuan artikulasi ini dilaksanakan menggunakan metode drill. Kesimpulan akhir adalah melalui metode drill kemampuan artikulasi anak tunarungu kelas dasar II meningkat. Kata kunci : metode drill, kemampuan artikulasi, dan anak tunarungu.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode drill, kemampuan artikulasi, dan anak tunarungu.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 03:15
Last Modified: 29 Jan 2019 17:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7879

Actions (login required)

View Item View Item