MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI KOPERASI DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TRAJI

Rizki Dwi, Putranto (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI KOPERASI DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE JIGSAW BAGI SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 TRAJI. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108244129.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108244129.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108244129.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108244129.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108244129.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw bagi siswa kelas IV SD Negeri 2 Traji Parakan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas tipe penelitian tindakan partisipan dimana peneliti bekerja sama dengan guru kelas IV SD Negeri 2 Traji. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 2 Traji yang berjumlah 35 siswa yang terdiri atas 17 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Traji, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah. Objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw bagi siswa kelas IV SD Negeri 2 Traji. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan observasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes siswa sebagai data primer dan hasil observasi sebagai data pendukung. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk hasil tes dan analisis deskriptif kualitatif untuk hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran IPS bagi siswa kelas IV SD Negeri 2 Traji. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai dari sebelum tindakan hingga siklus II. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebelum tindakan adalah 54,7 dengan siswa yang tuntas berjumlah 15 dan yang belum tuntas berjumlah 20. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas yang meningkat menjadi 71,2 dengan siswa yang tuntas berjumlah 25 dan yang belum tuntas berjumlah 10. Pada siklus II, nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa semakin meningkat menjadi 80,3 dengan siswa yang tuntas berjumlah 32 dan yang belum tuntas berjumlah 3.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:22
Last Modified: 29 Jan 2019 17:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7832

Actions (login required)

View Item View Item