MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA MELALUI PERMAINAN SAINS PADA SISWA KELAS 2B SD NEGERI PANEMBAHAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012

INDRIYANI, NURNANINGSIH (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI ENERGI DAN PERUBAHANNYA MELALUI PERMAINAN SAINS PADA SISWA KELAS 2B SD NEGERI PANEMBAHAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
COVER - 08108241136.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08108241136.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08108241136.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08108241136.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108241136.pdf

Download (54MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan hasil belajar IPA materi energi dan perubahannya dan mengetahui hasil belajar IPA materi energi dan perubahannya melalui permainan sains pada siswa kelas 2B SD N Panembahan Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart, yaitu berupa alur putaran spiral. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 putaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 2B SD Negeri Panembahan Yogyakarta yang berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan tes, observasi, dan wawancara. Validitas instrumen menggunakan validitas konstruk yang telah dikonsultasikan dengan dosen ahli (expert judgment). Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif komparatif, yaitu membandingkan rerata nilai hasil belajar IPA materi energi dan perubahannya pada kondisi sebelum tindakan, setelah siklus I, dan setelah siklus II. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini ditandai dengan meningkatnya hasil belajar IPA materi energi dan perubahannya, yaitu 65% dari jumlah siswa kelas 2B memiliki nilai diatas KKM, yaitu ≥ 6,5. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa permainan sains dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi energi dan perubahannya pada siswa kelas 2B dengan cara menerapkan metode bermain dalam pembelajaran. Metode bermain dilaksanakan dalam 3 tahap, yaitu kegiatan pra-bermain, kegiatan bermain, dan kegiatan penutup. Siswa melakukan percobaan sains dalam pembelajaran dengan kegiatan bermain. Peningkatan hasil belajar IPA materi energi dan perubahannya dapat diketahui dari rata-rata yang dicapai oleh siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran melalui permainan sains. Rata-rata hasil belajar IPA sebelum diberikan tindakan adalah 6,03. Rata-rata hasil belajar IPA meningkat pada siklus I, yaitu dari 6,03 menjadi 8,21. Rata-rata hasil belajar IPA kembali meningkat pada siklus II, yaitu dari 8,21 menjadi 8,59. Jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas, yaitu ≥ 6,5 telah mencapai 96,15% pada pertemuan I siklus I, dan 100% pada pertemuan II siklus I, pertemuan I Siklus II, dan pertemuan II siklus II. Kata kunci: hasil belajar, IPA materi energi dan perubahannya, permainan sains

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, IPA materi energi dan perubahannya, permainan sains.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 28 Nov 2012 01:11
Last Modified: 29 Jan 2019 17:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7790

Actions (login required)

View Item View Item