MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI UMBULWIDODO NGEMPLAK SLEMAN

Besdaningrum, Dwi Septi and Mardjuki, Mardjuki (2012) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI UMBULWIDODO NGEMPLAK SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
COVER - 08108241049.pdf

Download (865kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 - 08108241049.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 - 08108241049.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 - 08108241049.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - 08108241049.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing kelas IV SD N Umbulwidodo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc.Taggart. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD N Umbulwidodo yang berjumlah 27 siswa, yang terdiri dari 13 siswa laki–laki dan 14 siswa perempuan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi dan tes hasil belajar. Instrument penelitian yang digunakan berupa lembar observasi dan soal tes. Sebelum digunakan dalam penelitian, lembar observasi dan tes di validasi secara expert judgement. Soal yang sudah dinyatakan valid dan reliable digunakan dalam penelitian. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data yang berkaitan dengan observasi dianalisis secara kualitatif sedangkan data dari hasil tes dianalisis secara kuantitatif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan digunakannya model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar IPS. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan hasil tes pratindakan ada 6 siswa atau 22,222% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥65. Setelah dilakukan tindakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing di siklus I, hasil tes pada siklus I ada 12 siswa atau 46,154% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥65. Demikian pula setelah dilakukan perbaikan dengan memvariasi model pembelajaran di siklus II dengan pengundian materi pada tiap kelompok dan penggunaan bola plastik untuk menempelkan pertanyaan yang akan dilemparkan, dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa, ditandai ada 23 siswa atau 88,462% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥65. Nilai rata – rata hasil tes meningkat, pada siklus I yaitu 61,79 sedangkan pada siklus II yaitu 72,69.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif Snowball Throwing
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Nov 2012 07:53
Last Modified: 03 Oct 2019 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7713

Actions (login required)

View Item View Item