KEEFEKTIFAN METODE FIELD TRIP DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD N PENGASIH I DAN SD N SENDANGSARI PENGASIH KULON PROGO

Desy Tri, Yuswari (2012) KEEFEKTIFAN METODE FIELD TRIP DALAM PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS IV SD N PENGASIH I DAN SD N SENDANGSARI PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
cover - 08108241041.pdf

Download (822kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 1 - 08108241041.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 2 - 08108241041.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bab 5 - 08108241041.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran - 08108241041.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode field trip dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD N Pengasih I dan SD N Sendangsari Pengasih Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan Pendekatan Penelitian Kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan bentuk Desain Non-equivealent Control Group Design. Variabel terikat keterampilan menulis karangan deskripsi dan variabel bebasnya adalah metode field trip. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD N Pengasih I dan SD N Sendangsari. Objek penelitian ini adalah kemampuan menulis karangan deskripsi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes menulis karangan deskripsi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif dengan rumus uji t. Hasil penelitian berdasarkan analisis nilai post test dengan menggunakan uji t kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh bahwa t hitung 2,583 dengan taraf signifikasi atau P sebesar 0,014 di mana P < 5% (0,05) artinya terdapat perbedaan nilai hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Di mana nilai hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Maka dapat disimpulkan metode field trip efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis karangan deskripsi siswa kelas IV SD N Pengasih I dan SD N Sendangsari, Pengasih, Kulon Progo.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode field trip, keterampilan menulis, karangan deskripsi.
Subjects: Perpustakaan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Nov 2012 06:00
Last Modified: 29 Jan 2019 17:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7690

Actions (login required)

View Item View Item