PENGARUH PENGALAMAN PPL DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ANGKATAN 2008

ABU, SALMAN (2012) PENGARUH PENGALAMAN PPL DAN PRESTASI BELAJAR TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA ANGKATAN 2008. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
BAB 1-08404241023.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2-08404241023.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5-08404241023.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1-08404241023.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN-08404241023.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh pengalaman PPL terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa FE UNY Angkatan 2008, (2)pengaruh prestasi belajar terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa FE UNY Angkatan 2008, (3) pengaruh pengalaman PPL dan prestasi belajar terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa FE UNY Angkatan 2008. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa FE UNYAngkatan 2008 khususnya Pendidikan Ekonomi dan Pendidikan Akuntansi yang telah mengikuti PPL sebanyak 186 mahasiswa. Pengumpulan data dengan metode kuesioner atau angket dan dokumentasi.Uji coba instrumen penelitian dilakukan terhadap 30 mahasiswa baik Pendidikan Ekonomi maupun Pendidikan Akuntansi FE UNY angkatan 2008. Sedangkan teknik analisis data menggunakan pengujian persyaratan analisis dan pengujian hipotesis menggunakan analisis sederhana. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh positif pengalaman PPL terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa FE UNY angkatan 2008 yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel yaitu: 4,295>1,658 dengan koefisien determinasi sebesar 18,16 yang artinya variabel ini mempengaruhi minat menjadi guru sebesar 18,16%, (2) terdapat pengaruh positif prestasi belajar terhadap terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa FE UNY angkatan 2008 yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel yaitu: 2,902>1,658 dengan koefisien determinasi sebesar 10,60 yang artinya variabel ini mempengaruhi minat menjadi guru sebesar 10,60%, (3) terdapat pengaruh positif pengalaman PPL dan prestasi belajar terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa FE UNY angkatan 2008 yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel yaitu: 23,824>3,070 pada taraf signifikansi 5% dan koefisien determinasi sebesar 28,76 yang artinya kedua variabel ini secara bersama-sama mempengaruhi minat menjadi guru sebesar 28,76%. Kata kunci: pengalaman PPL, prestasi belajar, minat menjadi guru.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengalaman PPL, prestasi belajar, minat menjadi guru
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Perpustakaan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Perpustakaan
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 27 Nov 2012 02:51
Last Modified: 27 Nov 2012 02:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/7625

Actions (login required)

View Item View Item