Prasetyo, Dimas Ari (2020) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEKNOLOGI DASAR OTOMOTIF PESERTA DIDIK KELAS X TKRO 2 SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
HALAMAN JUDUL s.d DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (601kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK_16504241013.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I BIMB.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II BIMB.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III BIMB.pdf Download (441kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV BIMB.pdf Download (262kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V BIMB.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (261kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif peserta didik kelas X TKRO 2 SMK Muhammadiyah 1 Bantul melalui implementasi model pembelajaran Reciprocal Teaching. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan selama dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Penelitian dilaksanakan pada 14 Januari 2020 sampai dengan 4 Februari 2020 di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X TKRO 2 SMK Muhammadiyah 1 Bantul semester genap tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 32 peserta didik. Pengambilan data menggunakan lembar observasi untuk mengamati pelaksanaan model pembelajaran Reciprocal Teaching dan tes evaluasi hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 75% (kategori baik) yaitu nilai hasil belajar minimal 78. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran Reciprocal Teaching pada proses pembelajaran mampu meningkatkan hasil belajar Teknologi Dasar Otomotif peserta didik kelas X TKRO 2 SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Hal ini terbukti pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 55,17% (kategori kurang) pada siklus II meningkat menjadi 82,76% (kategori sangat baik).
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reciprocal Teaching, Hasil Belajar, Teknologi Dasar Otomotif |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Otomotif > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 02:32 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 02:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68264 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |