Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun.

Anggia, Dini and Harun, Harun (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (796kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Memperoleh informasi kebutuhan yang diperlukan dalam mengembangkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan anak usia 4-5 tahun, (2) Menghasilkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang layak untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan anak usia 4-5 tahun, (3) Mengetahui efektifitas pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini adalah penelitian research and development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Borg & Gall. Desain pelaksanaan yang digunakan dikelompokkan menjadi 3 prosedur pengembangan yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) pengembangan dan (3) validasi produk. Subjek uji coba terbatas dilakukan kepada 2 guru yang ada di TK Nasional Samirono dan TK Tunas Wisata. Uji lapangan dan uji efektifitas dilakukan terhadap 80 anak dan 5 guru dari 5 TK yaitu TK ABA Pringwulung, TK Sari Asih II, TK Tunas Gading, TK Kartini dan TK Harapan Gandok. Uji efektifitas dilakukan dengan model penelitian kuasi eksperimen dengan desain one group time series. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, angket, dan observasi kemampuan anak. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah pedoman wawancara, angket validasi ahli, angket respon guru dan daftar cek observasi kemampuan anak. Teknik analisis data uji efektifitas yang digunakan adalah Paired Sample Test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak usia 4-5 tahun dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan menggunakan benda konkret, melibatkan anak secara langsung dan membuat anak aktif dalam kegiatan pembelajaran dan dilakukan dengan pembelajaran kooperatif agar anak dapat saling membantu dalam mengenal bilangan, (2) model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dikembangkan ditinjau dari kelayakan materi, bahasa, penulisan, sintak, kesesuaian dengan kebutuhan anak dan kemudahan modelnya berada dalam kategori “sangat baik”, (3) pengembangan model pembelajaran kooperatif tipe STAD ini memiliki keefektifan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bilangan bilangan karena hasil uji-t diperoleh hasil sig (p) < 0.05 yang berarti terjadi perubahan yang signifikan antara kemampuan mengenal bilangan anak pada setiap series.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, Student Teams Achievement Division, kemampuan mengenal bilangan.
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 19 Mar 2020 02:26
Last Modified: 19 Mar 2020 02:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67912

Actions (login required)

View Item View Item