Perbandingan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa SMAN Daerah Pesisir dan Pegunungan di Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan.

Arifuddin, Muhammad Al Shiroth and Sumaryanto, Sumaryanto (2019) Perbandingan Tingkat Kesegaran Jasmani Siswa SMAN Daerah Pesisir dan Pegunungan di Kabupaten Sinjai Provinsi Sulawesi Selatan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (20MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (318kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tingkat kesegaran jasmani siswa penting dalam aktivitas sehari-hari siswa. Letak geografis mempunyai pengaruh terhadap keadaan tingkat kesegaran jasmani siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat kesegaran jasmani siswa SMAN daerah pesisir dan pegunungan, Kabupaten Sinjai Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif menggunakan metode survei. Subjek dalam penelitian ini adalah 60 siswa SMAN di daerah pesisir dan 60 siswa SMAN di daerah pegunungan Kabupaten Sinjai yang berumur 16-19 tahun. Pengumpulan data menggunakan Tes Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) usia 16-19 tahun dari Depdiknas. Analisis data menggunakan analisis uji-t melalui uji prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kesegaran jasmani siswa SMAN daerah Pesisir dan siswa SMAN daerah pegunungan, Kabupaten Sinjai Tahun pelajaran 2018/2019. Tingkat kesegaran jasmani siswa SMAN di daerah pegunungan lebih baik daripada siswa SMAN di daerah pesisir. Sebagian besar siswa SMAN di daerah pesisir mempunyai tingkat kesegaran jasmani dalam kategori sedang, sedangkan sebagian besar siswa SMAN di daerah pegunungan mempunyai tingkat kesegaran jasmani dalam kategori baik. Dengan demikian tingkat kesegaran jasmani siswa SMAN di daerah pegunungan lebih baik daripada siswa SMAN di daerah pesisir Kabupaten Sinjai.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: daerah pegunungan, daerah pesisir, perbandingan kesegaran jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Mar 2020 02:12
Last Modified: 02 Mar 2020 02:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67740

Actions (login required)

View Item View Item